Nasrul Abit Canangkan Gerakan Mengemudi Sehat 2016

Nasrul Abit Canangkan Gerakan Mengemudi Sehat 2016

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 07 April 2016 02:29:09 WIB


Rabu (6/4) Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit menghadiri acara Pencanangan Gerakan Mengemudi Sehat 2016 di Kab. Pesisir Selatan. Acara yang dilaksanakan atas kerjasama antara pihak Pemprov Sumatera Barat, Pemda Kab. Pesisir Selatan, Dinas Kesehatan Sumatera Barat, Dinas Perhubungan Sumatera Barat, dan Kepolisian Republik Indonesia ini dilaksanakan di Terminal Sago, Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan.

Selain itu, juga turut hadir mendampingi Wakil Gubernur, Dirlantas Polda Sumatera Barat Eddy Djunaidi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Rosnini Savitri, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat Amran, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Mudrika, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dan wakil Bupati Yusma Yul Anwar, serta unsur Forkopimda Kab. Pesisir Selatan.

Dalam sambutannya Nasrul Abit mengatakan, “Selama ini jumlah sepeda motor terbesar ada di Pesisir Selatan ini, seiring dengan meningkatnya perekonomian masyarakat saat ini. Sesuai data Global Status Report on Road Safety 2013 menunjukan  sekitar 1,24 juta orang meninggal setiap tahunnya karena kecelakaan di jalan raya, dan ini merupakan penyebab kematian urutan ke delapan di dunia, Pada tahun 2030 bila tidak dilakukan program yang baik maka kematian akibat kecelakaan di jalan raya akan naik menjadi nomor lima di dunia.”

“Hasil Riskedas 2013 dan sesuai data yang dihimpun Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informasi Sumatera Barat pada tahun 2015 tercatat 2157 kecelakaan lalulintas, hal ini menurun jika dibandingkan dengan kejadian tahun 2014 dengan 2625 kasus kecelakaan. Kota Padang merupakan angka tertinggi dengan 540 kejadian, disusul Kabupaten Padang Pariaman 315 kejadian dan Kota Pariaman 279 kejadian.” Tambahnya.

Selain itu Nasrul abit menyampaikan himbauannya, “Untuk itu dengan adanya gerakan ini kita meminta kesadaran kepada seluruh masyarakat untuk berhati hati dalam berkendara. Kecelakaan di jalan merupakan penyebab utama kematian pada kalangan muda saat ini.Periksalah kondisi kesehatan diri, kondisi kendaraan sebelum berangkat, baik kondisi fisik kendaraan maupun surat menyuratnya, disamping itu gunakanlah Helm yang memenuhi  standar. ”

Selanjutnya Eddy Djunaedi selaku Dirlantas Polda Sumbar dalam sambutannya mengatakan, “ Program dari Koorlantas tentang gerakan mengemudi sehat ini yaitu Trhee Siap, yaitu Siap dalam mematuhi peraturan berkendara, Siap dengan kondisi kendaraan, Siap dengan kondisi pengendara. Kami selaku instansi dari kepolisian khususnya dari fungsi lalu lintas mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan pencanangan gerakan mengemudi sehat ini, mudah-mudahan dengan pencanangan gerakan ini kita dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas.”