NELAYAN SIKAKAP TERIMA BANTUAN KAPAL DAN KERAMBA APUNG

NELAYAN SIKAKAP TERIMA BANTUAN KAPAL DAN KERAMBA APUNG

Berita Utama NONONG HANUGRAH, A.Md(Dinas Kelautan dan Perikanan) 04 April 2016 12:35:07 WIB


Akhir tahun 2015 silam sekelompok nelayan Kecamatan Sikakap kabupaten Kepulauan Mentawai mendapatkan bantuan berupa kapal penangkap ikan dan sejumlah keramba apung. Sejumlah paket bantuan ini di motori oleh Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI). Paket bantuan ini berasal dari Kementrian kelautan dan Perikanan melalui Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kelompok nelayan yang mendapat bantuan ini terdiri dari lima kelompok nelayan yang beranggotakan masing-masing 10 orang nelayan. Satu kelompok nelayan tangkap berupa paket kapal penangkap ikan dan keramba apung berlokasi di dusun masabuk, sedangkan empat kelompok lainnya hanya keramba apung yang diperuntukkan bagi pembudidaya lobster dan kerapu yang berlokasi di sikakap tengah dan sikakap timur.

UPTD PPP Sikakap memiliki andil dalam mengontrol dan mengawasi pelaksanaan kegiatan perikanan di daerah sikakap, apalagi sejumlah bantuan telah digulirkan oleh KKP untuk mendorong aktivitas nelayan baik sebagai penangkap maupun pembudidaya. Peranan terpenting yang harus dilakukan oleh pihak UPTD PPP Sikakap adalah memastikan bahwa paket bantuan tersebut benar-benar dimanfaatkan oleh nelayan untuk mengekploitasi sumberdaya perikanan yang ada di sikakap dan membantu memberikan pembinaan kelompok dalam aktivitasnya serta mengupayakan tidak terjadinya konflik anggota.

By : Cici Anggara, S.Pi.MP