BUDIDAYA KERAPU DI SIKAKAP, INVESTASI BISNIS YANG MENGUNTUNGKAN

BUDIDAYA KERAPU DI SIKAKAP, INVESTASI BISNIS YANG MENGUNTUNGKAN

Berita Utama NONONG HANUGRAH, A.Md(Dinas Kelautan dan Perikanan) 11 Maret 2016 10:06:01 WIB


Bertambahnya pupulasi manusia di dunia dan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan membuat usaha budidaya ikan memiliki prospek yang cerah. Selama manusia masih gemar makan ikan, bisnis perikanan merupakan bisnis yang tidak akan ada matinya.

Kepulauan mentawai memiliki potensi perairan yang luas dan potensi budidaya ikan kerapu yang sangat bagus. Pengembangan budidaya kerapu di kepulauan mentawai yeng dilakukan oleh hatcheri Sikakap yang merupakan pelaksana teknis Dinas Perikanan Kabupaten kepulauan mentawai. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat melalui Balai Besar Budidaya Air Laut Teluk Buo berkomitmen mendukung aktivitas budidaya kerapu air laut di Sikakap.

Bisnis budidaya ikan kerapu (epinephelus sp) cukup menjanjikan. Usaha ini cukup membantu pembudidaya yang fokus pembenihan maupun pembesaran. Permintaan pasar ikan kerapu, baik dalam negeri maupun luar negeri cenderung meningkat setiap tahunnya. Dengan demikian, budidaya kerapu dapat dijadikan salah satu peluang bisnis yang sangat potensial.

 By : Cici Anggara, S.Pi. MP