Pidato Sambutan Gubernur Irwan Prayitno Saat Melantik Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota

Pidato Sambutan Gubernur Irwan Prayitno Saat Melantik Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 18 Februari 2016 06:44:11 WIB


Rabu (17/2/2016) pukul 10.00 WIB, Gubernur Irwan Prayitno melantik 12 pasang bupati-wakil bupati dan walikota-wakil walikota hasil pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu. Pelantikan dilangsungkan di Gedung Auditorium Gubernur Sumbar.

Lazim seremonial pelantikan, Gubernur akan membacakan sambutannya di depan yang dilantik. Berikut ini petikan utuh sambutan Gubernur Irwan Prayitno:

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Yth: Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat

Yth: Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat

Yth: Bupati/Wakil Bupati Terpilih beserta istri

Yth: Walikota /Wakil Walikota Terpilih beserta istri

Yth: Bupati/ Walikota serta Ketua DPRD se Sumatera Barat

Yth: Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat

Yth: Ketua KPU/Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Yth: Sekretaris Daerah/Para Asisten/ Kepala Dinas/ Badan/ Kantor/ Biro/ Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten / Kota se Sumatera Barat

Yth: Kepala Instansi Vertikal/Ketua LKAAM/Ketua MUI Provinsi Sumatera Barat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Yth. Ketua DPD RI, Bapak Irman Gusman;

Yth. Bapak Menteri Dalam Negeri RI, dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Keuangan, Bapak Hamdani;

Yth. Anggota DPD RI dan Anggota DPR RI Dapil Sumatera Barat;

Yth.Wakil Gubernur Sumatera Barat;

Yth. Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat;

Yth. Anggota Forkopimda Provinsi Sumatera Barat;

Yth. Sekda Provinsi Sumatera Barat;

Yth. Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat;

Yth. Direksi BUMN/BUMD dan Instansi Vertikal;

Yth. Komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat beserta Jajaran KPU Kabupaten/Kota se Sumatera Barat;

Yth. Komisioner Bawaslu beserta jajaran Panwaslu se Sumatera Barat;

Yth. Bupati/Walikota se Sumatera Barat;

Yth. Para Tokoh Masyarat, Tokoh Adat, baik yang dari rantau maupun yang berdomisili di Kampung, Ninik Mamak, Alim Ulama dan Cerdik Pandai;

Yth. Para Undangan, rekan-rekan wartawan, hadirin dan hadirat yang berbahagia;

Syukur Alhamdulillah kita persembahkan kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, yang telah memberikan nikmat dan kelapangan kepada kita semua sehingga dapat hadir pada hari ini dalam rangka Pelantikan 12 (dua belas) pasang Bupati/Wakil Bupati dan  Walikota/Wakil Walikota se Sumatera Barat. Shalawat dan salam marilah kita sampaikan buat Baginda Muhammad Rasulullah SAW, atas segala perjuangan dan amanah untuk membimbing kita semua sampai akhir zaman.

Hadirin yang berbahagia,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkanlah saya atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, mengucapkan selamat atas pelantikan saudara-saudara sebagai Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota di 12 (Dua Belas) Kabupaten/Kota, yaitu :

1. Kabupaten Pasaman,

2. Kabupaten Lima Puluh Kota,

3. Kabupaten Agam,

4. Kabupaten Tanah Datar,

5. Kabupaten Pesisir Selatan,

6. Kabupaten Solok,

7. Kabupaten Sijunjung,

8. Kabupaten Padang Pariaman,

9. Kabupaten Pasaman Barat,

10. Kabupaten Dharmasraya,

11. Kota Bukittinggi, dan

12. Kota Solok.

Kami yakin masyarakat Sumatera Barat khususnya di 12 Kabupaten/Kota tersebut merasa sangat bangga dan bahagia menyambut kehadiran Saudara-saudara sebagai pemimpin baru dengan mandat baru serta semangat kepemimpinan yang baru.

Untuk itu kepada Saudara-Saudara Bupati/Wakil Bupati serta Walikota/Wakil Walikota yang baru saja dilantik, semoga dengan amanah yang telah diberikan kepada Saudara, akan dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan yang lebih baik bagi Kabupaten atau Kota yang Saudara pimpin. Harapan masyarakat pasti tertumpu kepada Saudara-Saudara, karena tidak mungkin lah masyarakat akan memilih Saudara-Saudara tanpa ada harapan besar yang akan digantungkan kepada pimpinannya.

Hadirin yang berbahagia,

Pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota hari ini adalah merupakan hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak pertama secara nasional yang telah kita laksanakan pada tanggal 9 Desember 2015 yang lalu. Meskipun kita di Sumatera Barat sudah merupakan Pemilihan Kepala Daerah Serentak yang kedua, setelah sukses pada 30 Juni 2010 yang lalu untuk masa jabatan 2010-2015. Meskipun pada waktu itu pelantikannya belum dilaksanakan secara serentak seperti saat ini. Sehingga kesuksesan kita pada waktu itu menjadi referensi dan rujukan bagi Pemerintah Pusat untuk menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah Serentak ini. Oleh kerana itu, kita patut  bersyukur karena telah dapat menyelenggarakannya dengan sukses, aman, damai dan lancar sesuai dengan jargon dan motto yang kita lewakan bersama yaitu “Pilkada Badunsanak”.

Atas kesuksesan dan keberhasilan itulah, kita semua pantas mengacungkan jempol dan berterima kasih kepada KPU dengan seluruh jajarannya di Kabupaten/Kota, Bawaslu beserta jajarannya, Anggota PPS dan KPPS di seluruh pelosok Sumatera Barat. Kemudian rasa bangga dan hormat, patut kita berikan kepada pihak kepolisian beserta jajaran, aparat TNI dengan seluruh jajaran yang telah mengerahkan seluruh tenaga dan kemampuannya, guna menjamin seluruh rangkaian kegiatan dan tahapan Pilkada serentak ini berjalan  aman, tertib dan damai. Kemudian kepada seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang telah memberikan sumbangsihnya untuk kelancaran Pilkada ini, juga tak lupa kita sampaikan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Para Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota, hadirin sekalian yang berbahagia;

Setelah Pilkada serentak berakhir, dan telah dilantiknya Saudara-Saudara pada hari ini, maka tidak ada lagi cerita dukung mendukung, semuanya harus mendukung pasangan yang sudah dilantik ini. Kesemuanya harus menyatukan niat, gerak dan langkah bagi kemajuan daerah masing-masing dan kesejahteraan rakyat yang dipimpin.

Inilah saatnya kita melangkah bersama untuk membangun Sumatera Barat. Mewujudkan janji-janji dalam kampanye yang lalu untuk mencapai kesejahteraan masyarakat di daerah-daerah yang dipimpin.  Ini saatnya kita bekerja siang dan malam untuk memastikan setiap masyarakat di seluruh pelosok Sumatera Barat ini bisa merasakan kehadiran pelayanan pemerintahan dalam kehidupan sehari-hari, langkah-langkah kongkrit dalam mengentaskan kemiskinan dan terobososan dalam mengurangi ketimpangan antar wilayah dalam pembangunan.

Hadirin sekalian yang berbahagia;,

Kami ingin mengingatkan sebagaimana arahan Bapak Presiden ketika melantik 7 Gubernur di Istana Negara tanggal 12 Februari yang lalu, bahwa dalam melaksanakan pembangunan daerah, gubernur hendaknya berpedoman dan mengacu kepada visi dan misi presiden.

Tentu demikian pula bupati dan walikota harus berpedoman dan mengacu kepada visi dan misi gubernur agar terjadi sinkronisasi dan harmonisasi dari daerah sampai ke pusat. Jabarkan dan implemenasikan sesuai konteks dan kondisi daerah masing-masing. Program-program  kementerian dan lembaga di pusat harus dijamin dapat terkonsolidasi dengan baik.

Demikian pula program-program lintas provinsi dan lintas kabupaten/kota agar bisa difasilitasi dan disinergikan dengan sebaik-baiknya. Tidak ada kabupaten/kota yang berjalan sendiri tanpa mengikuti arahan dan program dari pusat yang turun ke provinsi dan dari provinsi sampai ke kabupaten/kota.

Apalagi saat ini kita memasuki era baru dan dalam masa transisi pemerintahan daerah berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Beberapa urusan atau kewenangan terjadi peralihan yang signifikan, seperti urusan pendidikan menengah yang selama ini merupakan kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota akan beralih menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi. Demikian pula urusan kehutanan, urusan perikanan dan kelautan, urusan energi dan sumberdaya mineral dan beberapa urusan lainnya akan beralih dari Pemerintah Kabupaten/Kota ke Pemerintah Provinsi.

Perlu kita ketahui bersama bahwa peralihan tersebut sudah merupakan perintah undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang tidak bisa kita ingkari lagi sepanjang undang-undang itu belum dirobah. Hal itu harus terlaksana mulai tahun anggaran 2017, dimana pada saat ini merupakan tahap pendaataan dan inventarisasi Personil, sarana prasarana, pendanaan dan dokumen (P3D).

Tahap pendataan dan inventarisasi ini harus selesai pada 31 Maret 2016 dan serah terimanya pada tanggal 2 Oktober 2016. Oleh karena itu saya harapkan kepada para Bupati/Walikota se Sumatera Barat agar dapat menyelesaikan sesuai jadwal waktu yang ditentukan itu. Karena apabila tidak selesai, akan sangat berpengaruh kepada APBD baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota nantinya.

Oleh karena itu, kepada Saudara Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota yang beru saja dilantik ini, harus langsung berlari kencang menyelesaikan tahapan tersebut, dan secara simultan juga harus dapat menyelesaikan RPJMD sesuai visi dan misi pada waktu kampanye yang lalu.

Hadirin yang kami hormati,

Kemudian kami juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh mantan Penjabat Bupati/Walikota yang telah diberikan mandat untuk memimpin 12 Kabupaten/Kota yang berada dalam masa transisi pemilihan Kepala Daerah. Tetaplah berkarya demi masyarakat Sumatera Barat, karena pengabdian yang tulus tidak dapat dibatasi oleh jabatan, dan kita semua memiliki kewajiban untuk memberikan sumbangsih dalam bentuk apapun kepada bangsa dan negara kita.

Demikianlah beberapa pesan dan harapan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini, dan terakhir sebagaimana pesan Bapak Presiden, kami juga minta kepada pasangan Bupati/Wakil Bupati dan  Walikota/Wakil Walikota harus bisa menjadi dwi tunggal dengan saling memperkuat dan saling melengkapi. Bekerjalah dengan baik untuk rakyat atas mandat rakyat, semoga menjadi pemimpin yang amanah.

Terima kasih;

Billahitaufik walhidayah, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 GUBERNUR SUMATERA BARAT

IRWAN PRAYITNO