Hari Susu Nusantara ke V

Berita Utama () 07 Juni 2013 07:42:34 WIB


Peringatan Hari Susu Nusantara ke V tahun 2013 yang diadakan di lapangan Kantin, Kota Bukittingi, Sabtu (1/6), berlangsung meriah.

Acara yang merupakan peringatan perdana yang pernah dilangsungkan di luar pulau jawa tersebut mengangkat tema" susu masuk sekolah, anak sehat dan pintar". Acara ini sendiri di hadiri oleh ribuan pelajar dari tingkat SD hingga SMU se-kota Bukittinggi.

Adapun dipilihnya Provinsi Sumatera Barat sebagai tuan rumah peringatan ini dikarenakan sumbar adalah salah satu daerah di luar Pulau Jawa yang punya potensi peternakan susu perah terbesar di Indonesia.

Terkait itu, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, yang juga turut hadir pada acara Peringatan HSB tersebur, mengatakan bahwa untuk menggairahkan potensi peternakan sapi dan konsumsi susu di Sumatera Barat, salah satu caranya adalah para kepala daerah, baik itu bupati/wako untuk menyediakan susu di setiap sekolah-sekolah di daerahnya.

Menurutnya "selain akan meningkatkan kecerdasan para pelajar, efek konsumsi susu juga akan berdampak baik pada industri dan penjualan susu para peternak-peternak sapi perah di sumbar, kemudian juga akan berlanjut pada meningkatnya perekonomian daerah"

Hal senada juga di sampaikan oleh Menteri Pertanian RI, Suswono, yang juga hadir dalam acara tersebut. Kalau konsumsisi susu segar naik, maka peternak akan bergairah, kata Suswono.

Dijelaskannya lagi bahwa selama ini para peternak mengirim susu hanya kepada para pengolah saja, dan terserah pengolah lah bagaimana tingkatan dan penentuan harga jualnya.

"Akan tetapi dengan tergairahnya para peternak akibat tingginya permintaan daerah terhadap susu nantinya, tentu para peternak akan bisa langsung berhadapan dengan para konsumen, dan bisa menentukan harga jual yang sesuai dari pada harus menjual kepada para pengolah atau distributor.
", ujar Suswono.

Terakhir Menteri Pertanian, Suswono juga menghimbau,agar para pelajar mulailah biasakan minum susu setiap hari, terutama untuk tambahan makanan,
Dan bagi para Bupati/Wako agar carikan pasar untuk pemasaran susu para peternak di daerah.

(Humas Sumbar)