Diklat Prajabatan Membentuk Karakter dan Kepribadian

Diklat Prajabatan Membentuk Karakter dan Kepribadian

Artikel Badan Pendidikan dan Latihan(Badan Pendidikan dan Latihan) 04 Februari 2016 19:54:50 WIB


Pada awal tahun 2016 ini, Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Diklat Prajabatan Golongan III Angkatan IV Pola Baru di Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat. Diklat ini diikuti sebanyak 35 orang peserta yang berasal di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Pembukaan kegiatan dilaksanakan pada hari Senin, 01 Februari 2016 bertempat di Aula Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera Barat. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera barat beserta pejabat eselon III dan Eselon IV , Widyaiswara serta pegawai pada Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera Barat

Dalam sambutannya, Kepala Badan H. Rosman Effendi, SE, SH, MM mengungkapkan bahwa diklat prajabatan merupakan salah satu langkah strategis untuk mewujudkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai bagian dari Aparatur Sipil Negara yang profesional yaitu PNS yang mampu memenuhi standart kompetensinya dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efesien. Setelah dilaksanakannya diklat prajabatan ini peserta diklat diharapkan mampu meningkatkan kualitas aparatur dalam memberikan pelayanan prima dan masing-masing aparatur memiliki keahlian, menggali ilmu dan memperkuat mental dalam melaksanakan tugas pemerintahan” tuturnya. Beliau juga menambahkan bahwa diklat prajabatan ini dapat membentuk karakter atau kepribadian aparatur menjadi lebih baik lagi”.

Penyelenggaraan diklat dilaksanakan sesuai dengan peraturan LAN  RI dengan sistem pola baru selama 39 hari atau 326 jp.  Dalam diklat prajabatan ini Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat memasukan materi muatan daerah yaitu Pelayanan Prima dengan narasumber sari OMBUSMAN Provinsi Sumatera Baran dan Materi Mengenai bahaya Narkotika yang nanti disampaikan oleh BNN Provinsi Sumatera Barat. Sedangkan Materi Diklat Prajabatan disampaikan oleh Widyaiswara Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat.