Data Profil Nagari/Kelurahan Tentukan Keberhasilan Pembangunan

TERAS SUMBAR () 11 April 2013 00:00:00 WIB


Data Profil Nagari/Kelurahan Tentukan Keberhasilan Pembangunan

Keberadaan data Profil Nagari dan Kelurahan menentukan keberhasilan pembangunan. Tanpa didukung data yang akurat, perencanaan menjadi tidak matang ddan berdampak negative pada pembangunan. Karena itu datatersebut harus benar-benar mencerminkan kodisi yang sebenarnya.

Untuk mendapatkan data yang mantap dan hebat perlu didukung oleh sumber daya manusia (SDM) dan aparatur pemberdayaan yang memadai kata Bapak Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Provinsi Sumatera Barat Dr.Drs.Suhermanto Raza.SH.MM.

Menurut Kepala BPM berkoordinasi pun mesti dioptimalkan sehingga penyusunan data dimaksud tidak sekedar menciptakan keseragaman melainkan diharapkan Sumbar menjadi contoh bank data tentang profil Nagari dan Kelurahan yang sangat bermanfaat dalam menyusun perencanaan pembangunan.

Kepala BPM menjelaskan, pembangunan yang dilakukan sesungguhnya untuk mencapai kemajuan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan pembangunan yang baik mesti dilandasi data-data yang akurat, terutama menyangkut profil nagari dan kelurahan sesuai dengan Permendagri No.12 /2007

Kepala BPM berharap, aparatur pemberdayaan di Kabupaten Kota betul-betul memahami penyusunan data profil Nagari/Kelurahan agar saat diimplementasikan hasilnya memuaskan. Apalagi para aparatur pemberdayaan tersebut boleh dikatakan menjadi pameran utama dalam menggerakan pengimputan data.

Rapat Koordinasi Teknis Profil Nagari dan Kelurahan yang diikuti oleh Kabupaten/Kota . Kemudin menfasilitasi penuntasan pengimputan data tersebut kedalam Website.