Malam Resepsi Bela Negara 2015

Malam Resepsi Bela Negara 2015

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 23 Desember 2015 10:49:56 WIB


Pemerintah Sumatera Barat menyelenggarakan Acara Resepsi Hari Bela Negara tahun 2015 dengan tema Indonesia Tanah Air Tercinta Kan Kubela Sepanjang Masa di Auditorium Gubernuran, Selasa (22/12). Acara ini dihadiri oleh Pj Gubernur Sumatera Barat Donny Moenek, Ketua DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim, Forkopimda Sumatera Barat, dan Pimpinan Bank di Sumatera Barat. Selain itu acara ini juga dihadiri pejuang angkatan 66 Bahtiar Kahar, Bung Suardi Razak, Khaili, angkatan 45 Dt. Bagindo Khali, Dt. Berbangso, Samsu Z.A, Musyair Zainudin, Buya Bagindo Lether, H. Zuheldi dan veteran Faisal Kasim, dan Sumardi.

Buya Bagindo M. Lether merupakan salah satu pahlawan dari Sumatera Barat yang memperoleh penghargaan pahlawan bela negara oleh presiden Republik Indonesia.

Ketua DPRD Sumatera Barat mengatakan semangat bela negara harus selalu menggelora bagi seluruh masyarakat. Hal ini dapat dituangkan dalam bentuk kerja keras dan gootong royong. Namun saat ini kita dihadapi masalah dimana individualitas berkembang seiring dengan adanya teknologi dan kita banyak melupakan sejarah.

“kita harus mampu untuk mengajarkan semangat bela negara sejak dini, terutama kepada keluarga terdekat, seperti anak kita yang akan menjadi penurus perjuangan bangsa ini” ucap Hendra Irwan Rahim.

Sementara itu, Pj. Gubernur Sumatera Barat, peringatan hari bela negara merupakan wujud apresiasi pemerintah terhadap perjuangan para pahlawan kemerdekaan dimana sejarah mencatat bahwa dalam mempertahankan kestabilan pemerintah republik indonesia maka dibentuklah PDRI (pemerintah darurat republik indonesia) di Bukittinggi yang dipimpin oleh Mr. Syafruddin Prawiranegara pada 19 Desember 1948.

“kita yang hidup di zaman sekarang, seharusnya dapat mengambil pelajaran dari sejarah bangsa,  dan senantiasa berbuat yang terbaik sesuai dengan peran dan profesi masing-masing, untuk itu bangun terus semangat kebersamaan dan semangat gotong royong” ujar Donny Moenek.