Ciri-Ciri Kucing Rabies

Peternakan YUNI ERLITA, S.Pt(Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan) 22 Desember 2015 08:29:09 WIB


Penyakitsaraf.com – Kucing ternyata termasuk hewan yang dapat tertular rabies juga, jika Anda digigit oleh kucing yang terkena penyakit rabies, maka tidak menutup kemungkinan Anda juga tertular oleh penyakit tersebut. Dan rabies termasuk penyakit kulit yang sangat berbahaya – Walaupun rabies biasanya disebut sebagai penyakit anjing gila ternyata kucing juga bisa menjadi sarana penularan. Mungkin sebagian besar dari Anda yang masih awam berpikiran jika hanya anjing saja yang bisa menulari atau menularkan penyakit rabies, tetapi pada faktanya kucing juga termasuk hewan yang bisa menulari. Selain kucing, semua makhluk hidup yang berdarah panas juga memungkinkan terkena rabies, itu berarti termasuk kita semua. Penyakit rabies bisa menyebabkan penderitaan yang amat sangat, dan menghilangkan nyawa, tak hanya pada kucing dan hewan lainnya, namun juga kepada orang yang tertular penyakit ini. Untuk itu, Anda harus waspada dengan mengetahui apa saja ciri dari kucing yang tertular rabies, mari baca selengkapnya.

Vaksin kucing rabies Ciri ciri Kucing Rabies

Gejala rabies pada kucing

Jika Anda melihat tanda kucing rabies di bawah ini, dan tangan atau bagian tubuh Anda yang lain digigit kucing tersebut, segera periksakan diri ke dokter spesialis sebelum terlambat.

Rabies diam

Ada yang disebut juga rabies diam pada kucing. Untuk kucing yang mengalami rabies diam ini gejalanya berbeda dengan gejala rabies pada umumnya, di mana biasanya hewan menjadi liar dan ganas, dan berubah sifatnya. Untuk rabies diem, kucing akan diam, suka menyendiri, bersembunyi, dan yang paling terlihat adalah kehilangan vitalitas. Beberapa kucing lagi mengalami kelumpuhan, bersikap apatis, dan tubuhnya menjadi sering gemetar seperti kedinginan.

Rabies membabi buta

  1. Kucing akan terlihat kehausan

Penyakit rabies merupakan kategori penyakit yang bersifat takut air atau hidrofobia. Ada pula yang menyebutkan jika hewan yang terkena rabies itu tidak bersifat hidrofobia, hanya manusia yang terinfeksi rabies saja yang mengalami hidrofobia. Tetapi beberapa orang lain menyebutkan hal yang berbeda. Itu terbukti dari ketika Anda memberikan air untuk diminum pada kucing rabies yang kehausan, kucing tersebut akan mengalami kejang otot, jadi seolah kucing tersebut takut kepada air.

  1. Gelisah

Kucing juga akan mudah gelisah. Dan rasa kegelisahan tersebut tanpa ada sebab yang khusus. Jika kucing peliharaan Anda menjadi seperti ini, Anda harus waspada – Bisa-bisa kucing tersebut sudah terinfeksi virus rabies.

  1. Bereaksi tak wajar

Sifat kucing juga akan berubah jika sudah terinfeksi rabies, karena saraf mereka sudah diserang. Biasanya hewan yang terinfeksi rabies, termasuk kucing akan menjadi lebih ganas. Kucing tersebut akan suka menggigit dan menyerang apapun yang bergerak, termasuk Anda – Walaupun kucing tersebut sudah Anda pelihara sejak kecil, sebab jika sudah terinfeksi virus rabies, saraf kucing tersebut sudah terganggu.

Rabies tanpa bentuk

Kucing juga bisa mengalami ciri-ciri, tanda atau gejala rabies tanpa bentuk. Gejala yang muncul pada type rabies yang satu ini yaitu kucing menjadi sering merasa gatal, sapsmus atau kejang otot, dan menjadi kaku, serta sembelit.

Langkah awal jika digigit kucing rabies

Jika Anda tergigit kucing yang sepertinya terinfeksi rabies, maka segera cuci bersih menggunakan deterjen pada bagian tubuh yang terluka karena gigitan tersebut, cuci memakai air mengalir selama kurun waktu 10 menit. Sesudahnya gunakan alkohol 70% untuk mencuci lagi dan tambah obat merah dan cairan antiseptik. Terakhir segera konsultasikan diri ke dokter. Sekian artikel tentang ciri-ciri kucing rabies, semoga berguna