Pemprov Sumbar Gelar Fasilitasi Pelaksanaan Inovasi Pelayanan Publik Bagi Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota Se-Sumatera Barat

Pemprov Sumbar Gelar Fasilitasi Pelaksanaan Inovasi Pelayanan Publik Bagi Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota Se-Sumatera Barat

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 12 November 2015 06:15:37 WIB


Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Biro Organisasi menggelar acara Fasilitasi Pelaksanaan Inovasi Pelayanan Publik Bagi Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota se-Subar yang diselenggarakan di ruang rapat istana Gubernuran, Rabu (11/11). Acara ini dibuka oleh Sekda Sumbar Ali Asmar.

Sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Inovasi Pelayanan Publik Deputi Pelayanan Publik KEMENPAN RB Sri Hartini dan Kepala Puskesmas Putri Ayu Kota Jambi Rini Kartika Handayani.

Sekda mengatakan salah satu langkah strategis untuk mendorong upaya perbaikan penyelenggaraaan pelayanan kepada masyarakat adalah dengan melakukan inovasi pelayanan, yaitu pengembanagan atau menciptakan fungsi-fungsi pelayanan yang prima dan terpadu sehingga segala proses pelayanan yang kurang baik selama ini dirasakan masyarakat tidak akan terjadi lagi.

“Yang terpenting kita harus menyiapkan aparatur pelayanan (SDM), sistim pelayanan yang jelas, dan prosedur yang tertata dengan manajemen yang baik sehingga memperjelas dalam melaksanakan tugas masing-masing,” ujarnya.

Inovasi dalam pelayanan publik adalah implementasi sebuah ide dan kreasi baru dalam penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu diperlukan contoh-contoh inovasi dalam pelayanan publik untuk dapat diakui,ditiru, diadopsi atau direplika bahkan dikembangkan.

Kemudian Sekda mengucapkan terimakasih kepada narasumber dari Deputi Pelayanan Publik MENPAN RB dan Kepala Puskesmas Puti Ayu Kota Jambi yang memiliki Inovasi Klinik Lansia di Puskesmas Putri Ayu Kota Jambi.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dalam pelaksanaan tugas kita sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” harapmya.

Sebelumnya, Kepala Biro Organisasi Onzukrisno menjelaskan acara ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari 1 orang Kasubag yang menangani pembinaan pelayanan publik pada bagian organisasi Kab/Kota, 1 orang yang menangani bidang pelayanan publik pada RSUD/Pimpinan Puskesmas Kab/Kota dan 1 orang Pejabat pengelolaan pelayanan publik pada SKPD Provinsi Sumbar.

“Pelaksanaan acara ini semoga benar-benar dapat bermanfaat, dan diterapkan nantinya di kabupaten/ Kota se-Sumatera Barat,” terangnya.