KEBUTUHAN DATA SANGAT MUTLAK DALAM MENYUSUN PROGRAM

KEBUTUHAN DATA SANGAT MUTLAK DALAM MENYUSUN PROGRAM

Pendidikan () 29 Oktober 2015 00:52:48 WIB


Padang, 28 Oktober 2015

     Data merupakan hal yang sangat mutlak dalam berbagai penyusunan suatu program, maka sekaitan dengan itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui UPTD Baltekkomdik Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Sinkronisasi verifikasi dan validasi data pokok pendidikan ( Dapodik ) bagi operator provinsi dan kab/kota.

           Sinkronisasi ini dilaksanakan selama tiga hari 26 s.d.28 Oktober 2015 bertempat di Rocky Plaza Hotel Jalan Permindo Padang dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili Kepala Baltekkomdik Provinsi Sumatera Barat Drs. Wandra Ilyas, MM, Senin malam ( 26-10 ).

       Dalam sambutannya Wandra Ilyas mengatakan, kebutuhan akan data merupakan hal yang mutlak dibutuhkan dalam berbagai penyusunan program, baik itu berbentuk kegiatan, keputusan dan kebijakan yang harus diambil oleh lingkungan pendidikan, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Kab/Kota maupun nasional memerlukan informasi data yang memadai, akurat dan lengkap.

       Sistem pendataan yang terancang secara terpusat oleh Kemendikbud merupakan integrasi dan penyempurnaan dari sistem pendataan exiting dengan database sebagai awal yang sudah diinjeksi kedalam sistem serta memudahkan satuan pendidikan untuk mengupdatenya, jelas Wandra Ilyas.

       Ketua pelaksana Drs. Alkabri melaporkan, sinkronisasi ini diikuti sebanyak 58 operator Dapodik terdiri dari Bidang/Bagian Disdikbud Sumbar, Kab/Kota dan UPTD Baltekkomdik dengan tim penyaji serta narasumber Kepala Pusat Data dan Statistik Kemendikbud, Kepala, Sekretaris , Ka UPTD Baltekkomdik serta Tim Kelompok Kerja Data Pokok Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat ( By: Pon Siswa, S.Sos/Disdikbud ).