Jalur KA di Bandara Minangkabau Selesai Pertengahan 2016

Berita Utama Jojon(Biro Humas) 12 Oktober 2015 08:33:15 WIB


Padang, Setelah meninjau pembangunan hunian tetap (Huntap) bagi korban tsunami 2010 di Kepulauan Mentawai, Sabtu (10/10) sore, Presiden RI, Joko Widodo bersama rombongan, melihat langsung pembangunan jalur kereta api Padang menuju Bandar Internasional Minangkabau (BIM), Yang menghubungkan Stasiun Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dengan Stasiun Duku di Sumatera Barat, Jalur KA sepanjang 23 kilometer.

“Nanti semua airport dihubungkan dengan kota, entah (menggunakan) kereta api (atau jalur darat), jadi untuk ke BIM kita tambah dengan jalur kereta API” terang Presiden RI yang akrab disapa Jokowi ini. Presiden juga menegaskan bahwa proyek pembangunan jalur KA BIM – Stasiun Duku ini ditargetkan akan selesai pada pertengahan tahun 2016.

Dari keterangan Menhub Ignasius Jonan, diketahui bahwa proyek ini memanfaatkan mayoritas jalur yang sudah ada. Misalnya, dari Stasiun Padang menuju Stasiun Duku, dari Stasiun Duku menuju halaman Bandara BIM yang tersambung oleh jalur kereta api sepanjang ±4 Km. “Jadi nanti ada stasiun (di Bandara BIM) juga, Stasiun Duku juga sedang dibangun. Jadi alternatif, masyarakat bisa gunakan jalan darat atau kereta api,” ujarnya.

Sebelumnya, tepat pada bulan Agustus 2015 lalu, Pemprov Sumatra Barat bersama Ditjen Perkeretaapian, Ditjen Perhubungan Udara, PT Angkasa Pura II dan PT KAI (Persero) melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) sekaligus Ground Breaking Pembangunan Stasiun KA Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

"Harapannya, tidak ada kendala teknis dalam penyelesaian jalur kereta api Padang-BIM. Kalau untuk masalah pembebasan lahan, kan tidak banyak. Itu pemerintah daerah yang bertugas menyelesaikannya," pungkasnya.

(Humas Sumbar)