Etape Pertama Tour de Singkarak 2015 Kacau di Carocok Pesisir Selatan

Berita Utama AFIF AFDISYA(Satuan Polisi Pamong Praja) 05 Oktober 2015 10:38:01 WIB


Padang, Satpol PP Sumbar --- Tour de Singkarak merupakan ajang kejuaraan yang memadukan antara Balap Sepeda dengan budaya dan pariwisata. Perlombaan yang sudah dimulai sejak 2009 ini masuk dalam kalender persatuan balap sepeda internasional atau Union Cycliste International (UCI).

Adapun dasarkan penilaian UCI, Tour de Singkarak memiliki level 2.2. Penyelenggaranya pun bekerja sama dengan Amaury Sport Organisation (ASO) yang menjadi penyelenggara Tour de France di Perancis. Etape yang dimiliki Tour de Singkarak, tidak dimiliki oleh negara-negara lain, seperti di kelok 44 yang terletak di Danau Maninjau Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Medan ini dikenal dengan tanjakan yang tajam dan keindahan alam yang luar biasa. 

Tour de Singkarak memiliki rute dengan pemandangan yang luar biasa. Pembalap melewati pegunungan, danau, dan pantai. Masing-masing etape memiliki keindahan alam yang bisa dinikmati pembalap, offisial dan penonton.

Yang diikuti 24 tim dari 36 negara dengan tempuh jarak 1.341,5 km. Tds ini merupakan perlombaan balap sepeda tingkat internasional yang paling besar dan terfavorit di Asia sekaligus sebagai sarana mempromosikan wisata dan budaya Sumatera Barat dan sekaligus untuk memacu pembangunan infrastruktur daerah dan membuka akses wilayah untuk pasar dan investasi.

(Novear)