Dibuka Pj Gubernur Sumbar Meriah, Dragon Boat Dibuka Malam Hari

Berita Utama Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 22 Agustus 2015 07:56:38 WIB


Padang, Pembukaan Padang Internasional Dragon Boat (PIDB) Festival, sangat berbeda pada tahun lalu. Selama 13 tahun penyelenggaraannya kali ini di buka malam hari, jumat (21/8).

Iven ini dibuka Penjabat Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek didampingi Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, Kadispora Sumbar Priadi Syukur Forum komunikasi pimpinan daerah kota padang, Kadispora Kota Padang, diiringi pelepasan 364 lampion ke udara. 

Sementara itu,Pj Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek mengaku sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Pemko dan Pemprov atas terlaksananya PIDB sampai tiga belas kali.

”Kami berharap terus ditingkatkan. Selain meningkatkan wisata air, juga promosi yang akan meningkatkan kunjungan masyarakat nasional dan dunia ke Sumbar,” terangnya.

Wali kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan bahwa pembukaan malam hari merupakan terobosan baru yang dilakukan Dispora bersama Pemko. Hal itu diperlukan, karena dalam melaksanakan iven yang sifatnya tahunan harus ada kreasi baru yang dimunculkan.

”Seperti malam ini, kita membuka pada malam hari dengan lampion dan kembang api. Selain itu ada lomba lari di GOR. Jadi, ada plusnya dari yang bisa,” terang Mahyeldi.

Pada kesempata itu, juga digelar laga final antar kesatuan 12 pendayung. Komando lintas laut militer (Kolinlamil) Jakarta berhasil memperoleh medali emas, diikuti Bataliyon 131 Yudha Sakti, Armada Kawasan Barat (Armabar) Jakarta, masing-masing memperoleh perak dan perunggu.

Ribuan masyarakat Padang memadati pinggir aliran banjir kanal GOR H Agus Salim Padang. Ditambah semaraknya kilauan lampu penerangan bandar bakali kota padang.

Selain dihadiri pejabat-pejabat tinggi provinsi dan Kota Padang, juga terlihat kontingen-kontingen asing, mulai dari Malaysia, Singapura, Hongkong, Philipina, dan Brunei yang juga ambil bagian dalam iven ini.

Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Padang, Suardi menjelaskan, pada PIDB XIII ini terdapat 33 tim yang ikut ambil bagian berasal dari berbagai provinsi di Indonesia dan lima tim undangan dari luar negeri.

”Lima tim undangan tersebut seperti yang kita lihat adalah Malaysia, Singapura, Hongkong, Philipina, dan Brunei,” ujar Suardi.

Suardi mengatakan, Pemko Padang menyiapkan anggaran melalui APBD untuk pelaksanaan PIDB tahun ini sebesar Rp 205 juta. Selain itu, juga ada dana tambahan dari pihak-pihak sponsor dan donatur lain.

Humas Sumbar