Samsat Sijunjung Nyaris Ludes

Berita Utama () 07 Juli 2015 01:46:46 WIB


SIJUNJUNG — Kantor pelayanan Samsat Kabupaten Sijunjung, Minggu (5/7) sekira pukul 15.15 WIB nyaris menjadi abu. Beruntung petugas pemadam kebakaran cepat tanggap dalam menyikapi laporan warga. Petugas tiba di lokasi kejadian sebelum si jago merah bertambah besar.

Dari informasi yang di­peroleh, kebakaran tersebut bermula saat salah seorang warga yang melintas di lo­kasi kejadian melihat ada kepulan asap yang keluar dari atap depan kantor pel­a­yanan Samsat Kabupaten Sijunjung pada pukul 15.15 WIB. Dia melaporkan keja­dian tersebut ke pihak kepo­lisian dan menghubungi pemadam kebakaran Ka­bupaten Sijunjung.

Kepala BPBD Sijunjung Hardiwan SP mengatakan bahwa api yang  mulai mem­besar di bagian depan ba­ngunan kantor tersebut dengan cepat merambat ke bagian bangunan lainnya. Pemadam kebakaran BPBD Sijunjung yang menda­pat­kan laporan langsung m­e­nge­rahkan dua unit mobil pemadam kebakaran me­nuju ke lokasi kejadian dan dengan sigap memadamkan api sehingga tidak menjalar ke bagian lainnya.

“ Api dapat dipadamkan setelah 15 menit petugas pemadam berjibaku dengan api. Awal api diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik dari kabel induk di atas kantor tersebut,” ujarnya.

Hardiwan juga me­nam­bahkan bahwa saat pe­ma­daman api berlangsung , sempat diwarnai insiden yai­tu terjatuhnya salah seorang petugas BPBD Sijunjung bernama Patrios yang se­dang betugas mema­dam­kan api di bagian loteng kantor yang terbakar tersebut, se­hingga harus dilarikan ke puskesmas Muaro Gambok dan dirujuk ke RSUD Sijun­jung untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Pihaknya juga tak henti-hentinya mengimbau ke­pada seluruh warga Ka­bupaten Sijunjung agar sela­lu waspada terhadap musi­bah kebakaran di lingku­ngan masing-masing, teru­tama di musim panas  seka­rang. Warga juga diimbau untuk tidak melakukan pem­bakaran lahan di saat musim panas ini. (sumber : haluan)