Pantai Sago Dikembangkan Jadi Wisata Cemara Laut

Berita Utama Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 01 Juni 2015 11:56:51 WIB


Pesisir Selatan, Pohon cemara laut ini sangat berguna, selain untuk memperindah pemandangan, juga berguna untuk menahan abrasi air laut. Kalau tidak ada pohon, maka air laut akan mengikis daratan, tapi kalau ada pohon cemara laut ini bisa menahan abrasi. Hal ini diutarakan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno ketika gerakan penanaman pohon cemara laut di Sago, Pesisir Selatan kemaren.

Lanjut Gubernur, setelah ini ditanam, saya harap dijaga dengan baik dan dirawat. Masyarakat mendukung gerakan ini, sehingga bisa tumbuh dengan subur. Dan kalau nantinya seluruh pohon tersebut telah tumbuh subur, maka akan menjadikan tepi pantai ini menjadi indah. “Saya harapkan seluruh masyarakat yang ada disini ikut menjaga pohon-pohon kita ini “, ujarnya.

Pada kesempatan itu Gubernur juga memberikan bantuan kepada para nelayan di Pesisir Selatan berupa Mesin Kapal dan Fiber seberat 500 Kg. Kegiatan ini dilangsungkan di Surantih, Sabtu (30/5). Bantuan diberikan kepada para nelayan yang membutuhkan. Sehingga para nelayan tidak kesulitan lagi. Gubernur juga berharap nantinya Dinas Perikanan dan Kelautan lebih memperhatikan kesejahteraan para nelayan. Sehingga bisa meningkatkan taraf kesejahteraan di Sumbar pada umumnya.

Sementara Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pesisir Selatan menyampaikan, sepanjang Pantai Sago Daerah kawasan rehabilitasi cemara laut. Pohon Cemara Laut ini berguna untuk mencegah abrasi pantai. Selain itu untuk Tahun ini kita mendapat program penanaman pohon Cemara Laut seluas 30 Ha.

Untuk mengembangkan cemara laut, kita akan menanam diberbagai tempat yang strategis. “Masyarakat ingin mengembangkan tempat ini sebagai tempat wisata”. Tuturnya.

(Humas Sumbar)