GUBERNUR SUMATERA BARAT TABUH KEJURDA TARUNG DERAJAT

Berita Utama () 14 Mei 2015 09:34:27 WIB


IMG 6501  PADANG,… Gubernur Sumatera Barat Prof.Dr.H. Irwan Prayitno, P.Si, M.Sc secara resmi tabuh Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tarung Derajat Kamis 14/ 5 di GOR UNP, antar Kabupaten/ Kota se-Sumbar yang di prakasai Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar bekerjasama dengan Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Sumbar.

Turut hadir Ketua umum Kodrat Sumbar Ganefri, Ketua KONI Sumbar diwakili Waketum II Handrianto, Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sumbar Drs.H.Rafli Efendi, M.Pd, Kabid Pemberdayaan Pemuda, Afrides, SE, M.Si, Kabid Pengembangan Pemuda Dra. Ely Ditra, M.Si, pejabat dan undangan lainnya.

IMG 6533

Dalam sambutannya Gubernur mengatakan kejurda ini akan banyak melahirkan nilai positif , diantaranya kebugaran ( kesehatan ), kejujuran, sportifitas, prestasi dan lainnya.

Dikatakan juga bahwa diantara nilai positif tersebut masih ada nilai positif lain yang dapat dirasakan bagi orang- orang yang terlibat dalam kejurda ini, seperti pengurus cabang olahraga, mereka pastinya semakin termotivasi untuk menumbuhkan atlet baru,wasit/ juri yang adil, dan pelatih mumpuni dalam melakukan pembinaan kedepannya.

Selain itu Gubernur juga mengingatkan, dalam melakoni setiap kejuaraan para atlet hendak jauh – jauh hari telah melakukan persiapan yang matang, karena siapapun yang menjadi juara pada kejurda ini adalah mereka- mereka yang telah berlatih secara sungguh- sungguh untuk mempersiapkan dirinya, dan yang tidak siap sudah pasti tidak akan meraih juara.

“ Kita berharap dari kejurda ini akan lahir atlet- atlet handal Sumatera Barat untuk berlaga pada PON Jabar tahun 2016 nanti, untuk menyumbangkan medali emas bagi Ranah Minang meskipun pada PON Tahun 2012 di Riau lalu cabor Tarung Derajat gagal meraih medali emas,’’ kata Irwan Prayitno.

Senada Ketua Pengprov Kodrat Sumbar Ganefri dan Waketum II KONI Sumbar Handrianto menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Gubernur, melalui Dispora Sumbar yang telah membantu meningkatkan prestasi olahraga dengan menggelar kejuaraan demi kejuaraan, dan bagi Tarung Derajat kejurda ini merupakan yang keenam kalinya. Tak hanya Kejurda yang dibantu, pelatihan wasit juri cabor pun juga dipasilitasi oleh dinas yang khusus mengurus olahraga ini.

Oleh karena itu pihaknya akan memanfaatkan setiap pasilitas yang diberikan, seperti Kejurda ini akan dijadikan sebagai ajang seleksi memantau atlet berprestasi untuk di bina secara berkesinambungan, dengan tujuan akan prioritaskan pada Kejurnas Pra PON di Bali 21- 26 Oktober, serta Pekan Olahraga Pelajar Nasional ( POPNAS ) September di Bandung.

Dan seterusnya juga akan diikutkan pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional ( POMNAS ) 14- 22 November di Aceh serta yang lebih tinggi lagi yakni pada PON 2016 Jabar,’’urainya .

"Kejurda ini merupakan jembatan untuk meniti pada kejuaraan lebih tinggi lagi, seperti pada Kejurnas 2014 lalu kita berhasil meraih 2 emas 1 perak 5 perunggu. Kedepan minimal dapat 3 emas di Kejurnas 2015 dengan harapan dapat mengirim atlet sebanyak-banyaknya ke PON 2016 Jabar,"tukas Ganefri yang juga Ketua Kopertis Wilayah X.

Ketua Pelaksana Rasydi Sumetri, S.Pd, M.Pd menerangkan Kejurda tarung derajat merupakan kejurda cabor angkatan II, dilaksanakan dari tanggal 13-16 Mei , diikuti sebanyak 103 peserta atlet, pelatih dan official dari 14 kabupaten/ kota minus Kabupaten Dharmasraya , Sijunjung, Solsel, Pesel dan Mentawai.

“ pada kejurda ini akan mempertandingkan 25 nomor dan membagikan sebanyak 25 medali, serta 130 sertifikat,’’ terang Rasydi Sumetry. ( M )