Selandia Baru Dukung Swasembada Daging dengan Ekspor Bibit Sapi Indukan

Berita Utama YUNI ERLITA, S.Pt(Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan) 24 April 2015 03:50:02 WIB


JAKARTA - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengutarakan bahwa swasembada daging sapi akan dicapai salah satunya melalui program pembibitan. Dalam hal ini Indonesia membutuhkan 30 ribu bibit sapi indukan. Hal ini disampaikan Mentan dalam pertemuan bilateralnya dengan Duta Besar Selandia Baru, Trevor Matheson di sela WEF Grow Asia Forum, Minggu (19/4).

Dubes Selandia Baru menanggapi hal tersebut secara positif dan menyatakan akan mendukung program tersebut. Oleh karena itu, Dubes dari Negara dengan Ibukota Wellington ini, mengizinkan ekspor sapi indukan Selandia Baru ke Indonesia, baik untuk sapi perah maupun sapi pedaging.

Mentan menyambut gembira kerjasama tersebut, karena ini adalah kali pertama Selandia Baru melepas bibit indukan sapinya ke Indonesia. Untuk menjaga keseimbangan perdagangan pertanian bilateral di antara kedua negara, pihak Selandia Baru juga memberikan akses pasar kepada Indonesia. Dengan mengizinkan Indonesia mengekspor komoditi buah tropis seperti mangga, salak, dan manggis ke Selandia Baru.

Dalam pertemuan tersebut, Mentan dan Dubes Selandia Baru juga membahas beberapa hal berkaitan dengan pembangunan pertanian di kedua negara. Mentan juga menugaskan Tim Teknis Kementerian Pertanian untuk menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut untuk segera melakukan serangkaian pertemuan dan kunjungan untuk mempersiapkan nota kesepahaman dalam rangka kerja sama subsektor peternakan dan hortikultura dengan Selandia Baru.