KOMISI X DPR RI TINJAU PELAKSANAAN UN SMA/MA

Uncategorised () 13 April 2015 04:45:48 WIB


Padang, 14 April 2015

      Komisi X DPR RI dibawah pimpinan wakil ketua  H.M Sohibul Irman, Ph.D dan rombongan hari kedua  UN SMA/MA dan SMK , Selasa ( 14-4-2015 ) meninjau pelaksanaan UN di SMA Negeri 2 dan MA Negeri 2 Padang.

      Peninjauan pelaksanaan UN hari kedua tersebut diikuti juga oleh Wakil Gubernur Muslim Kasim, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat      Drs. Syamsulrizal, MM, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Drs. Fuadi, M.Pd.

 

     Wakil Ketua Komisi X DPR RI H. M. Sohibul Irman, Ph.D mengatakan, fungsi Ujian Nasional tahun ini tidak menjadi penentuan kelulusan, dan kelulusan diserahkan kepada pihak sekolah pada satuan pendidikan.

 

      Ada tiga fungsi dari UN sekarang ini, pertama adalah sebagai pemetaan mutu pendidikan nasional, kedua menjadikan sebagai satu parameter untuk masuk kejenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu dari tingkat SLTA ke perguruan tinggi, SLTP ke SLTA dan ketiga adalah hasil UN menjadi pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya untuk meningkatkan pendidikan, jelas Sohibul Irman.

       Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Drs. Syamsulrizal, MM mengatakan, dari laporan pelaksanaan UN hari pertama dari Kab/Kota kemaren berjalan baik dan lancar tanpa ada kendala.

        Dari laporan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, pada hari pertama UN ada dua orang siswa yang tidak mengikuti karena sakit serta dua orang siswa SMK  mengikuti UN di rumah tahanan di Kab. Pesisir Selatan dan bagi yang sakit tidak mampu  dapat mengikutinya pada ujian susulan minggu depan, jelas Syamsulrizal.

( By; Pon Siswa, S.Sos/Disdikbud Sumbar )