“Hut Pasaman Barat Ke 11” Gubernur : Laju Pembangunan Pasbar Sangat Pesat

Berita Utama () 08 Januari 2015 00:58:55 WIB


Pasaman Barat,-Gubernur Sumatera Barat menghadiri Sidang Paripurna Istimewa DPRD Pasaman Barat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Pasaman Barat yang ke 11, bertempat di Balerong Pusako Anak Nagari Pasaman Barat.

Sebenarnya serentak, 3 kabupaten di Sumatera Barat memperingati hari jadi masing-masing, Dharmasraya, Solok Selatan dan Pasaman Barat, pada kesempatan ini saya dapat hadir di Pasbar.

Irwan Prayitno dalam sambutannya mengapresiasi kepemimpinan Bupati/Wakil Bupati Pasaman Barat dalam melakukan lajunya pembangunan di daerah ini. Gubernur juga bangga dengan Pasaman Barat, dimana telah memiliki suatu program “1 Miliar 1 Nagari”,  sehingga dengan adanya program tersebut dapat membantu mengurangi kemiskinan, serta meningkatkan pembangunan berbasis nagari yang telah dicanangkan sebelumnya.

“ saya sangat senang dengan pembangunan yang telah dilakukan oleh Bupati Pasaman Barat, sehingga bisa menyulap perkembangan pembangunan yang sangat pesat. semua pembangunan dapat terasa pada semua sector yang ada di Pasaman Barat, semoga dengan bertambahnya usia Kabupaten Pasaman Barat membuat Kabupaten ini bisa menjadi lebih pesat lagi pembangunannya sehingga dapat membantu perkembangan Sumatera Barat juga “ ucap IP.

Sidang Paripurna ini juga dihadiri anggota DPRD Kabupaten Pasaman Barat, Forkopimda, Kepala SKPD, Ormas maupun para pemangku adat, niniak mamak dan Bundo Kanduang yang ada di Kabupaten Pasaman Barat.

Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat H. Daliyus K, S.Si, MM yang membuka sidang Paripurna, mengatakan sidang ini bertujuan untuk memberikan solusi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kabupaten Pasaman Barat khususnya, Provinsi Sumatera Barat pada umumnya.

“Kita lakukan evaluasi apa yang telah kita capai, mari kita perbaiki apa yang menjadi kekurangan selama ini”. ucapnya. 

“Hari ini, selasa 7 Januari 2015 Kabupaten Pasaman Barat sudah menginjak usia 11 tahun, yang secara bersama kita peringati dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Pasaman Barat, sebagai wujud rasa syukur dan kebesaran hati kita “ kata H. Baharuddin R.

Ia menyampaikan tentang Pembangunan Berbasis Nagari yang telah dilaksanakan selama 1 Periode masa pemerintahan beliau, ini merupakan implementasi “Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah” telah dibuat program Peningkatan Kapasitas Niniak Mamak dan Bundo Kanduang, dalam upaya mengangkat wibawa dan martabat para niniak mamak dan bundo kanduang se kabupaten Pasaman Barat.

Disamping itu sesuai dengan Visi pemerintahan Kabupaten Pasaman Barat yaitu “Membangun Pasaman Barat diatas tadah agama untuk kesejahteraan umat dunia dan akhirat” sejalan dengan program pembangunan keagamaan, juga telah dilakukan dengan mengangkat Da’i Nagari sebagai pelaksana tugas pendidikan bidang keagamaan di setiap kejorongan.

Namun di bidang pendidikan dan kesehatan serta pertanian di kabupaten Pasaman Barat cukup mengembirakan, semua itu juga atas kebersamaan semua pihak yang telah membantu baik sarana maupun prasarana. Ujarnya.

(Humas Sumbar)