“Paling Ramai Di Kunjungi” Anjungan Sumbar Terbaik di TMII Jakarta

Berita Utama () 27 Desember 2014 18:03:34 WIB


Jakarta,-Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memberikan acungan jempol bahwa Anjungan Sumatera Barat yang berada TMII Jakarta merupakan anjangan yang terbaik dan ramai dikunjungi. Apresiasi ini patut kita berikan kepada pengelola Anjungan Sumatera Barat di Bawah Dinas Pariwisata provinsi sumatera barat.

“ Kita bangga dan senang terhadap kegiatan yang selama ini selalu hidup di Anjungan Sumatera Barat di Taman Mini Indonesia Indah, dimana kegiatan selama ini telah menjadikan Anjungan Sumatera Barat teraktif dan teramai di kunjungi oleh para tamu yang datang ke TMII, baik lokal maupun mancanegara. Ujar Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno pada saat pembukaan Acara Eksotika Alam Minangkabau, Sapakan di Ranah Minang, di TMII Jakarta, Sabtu pagi (27/12).

Lebih lanjut Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, pemerintah provinsi akan selalu memberikan perhatian terhadap keberadaan Anjungan Sumatera Barat di Taman Mini ini, karena ini juga menjadi bahagian dari kebanggaan masyarakat Sumatera Barat yang ada di Jakarta dan daerah lainnya.

“segala upaya dan kerja keras kepala UPTD Anjungan ini tentu perlu dukungan dan fasilitas pembangunan daerah, sesuai kondisi keuangan yang ada’. Ucap IP.

Harapan kita tentu perlu dukungan dan perhatian pemkab/kota di Sumatera Barat, supaya mau pula memanfaatkan keberadaan Anjungan, dapat pula sebagai salah satu wadah promosi potensi daerah. Tentunya sebagai pusat kunjungan terfavorit dan unik, UPTD Anjungan ini tentu mampu menjadi magnet dari kebesaran Taman Mini Indonesia Indah, ujarnya.

Kepala Operasional TMII, Dra. Ade F. Meliala dalam kesempatan itu juga menyampaikan, dari 33 Anjungan seluruh daerah di Indonesia, Anjungan Sumatera Barat merupakan Anjungan yang paling ramai dan selalu ramai di kunjungi di Taman Mini ini.

Selain itu, terdapat bangunan pendukung, yakni rumah untuk kantor, kantin, dan panggung, pertunjukkan (medanan bapaneh) tempat menggelar berbagai seni daerah pada hari Minggu dan hari libur.

Rumah gadang di anjungan ini difungsikan sebagai ruang peragaan dan pameran. Benda-benda yang dipamerkan berupa pelaminan, alat pertanian, alat musik tradisional, pakaian adat tiap kabupaten yang disajikan dengan peraga manekin. Kolong rumah digunakan untuk penjualan berbagai cinderamata hasil kerajinan tangan. Semua bangunan adat memiliki hiasan aneka ragam ukir ukiran datar, pahat, tembus, dan ukiran bakar; kebanyakan motif tumbuhan, bunga, dan satwa dengan warna dominan merah, kuning, hitam, dan biru.

Anjungan Sumatera Barat memiliki sanggar tari untuk memberikan pendidikan dan pelatihan terutama tari dan musik tambur. Pada hari-hari tertentu disajikan upacara adat, juga seni drama randai yang tersohor itu. Di sini tersedia juga kantin nasi padang yang menyajikan menu istimewa khas Sumatera Barat yang semuanya lezat dan mengundang selera.

Jika ada Anjungan lain, seperti Papua dan Bali, namun dominasi kunjungan masih dibawah Anjungan Sumatera Barat”. Ucapnya.

Kita berharap pemerintah daerah mampu dan mau selalu memperhatikan keradaan Anjungan daerah masing-masing untuk selalu aktif, sehingga keberadaan TMII dari waktu ke waktu akan semakin baik.

Untuk diketahui keradaan TMII di fasilitasi oleh 7 Kementrian, karena itu TMII juga selalu di update oleh BPK RI, karena merupakan kepemilikan pemerintah Republik Indonesia, ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Irwan Prayitno bersama IP band juga unjuk kebolehan yang disambut dengan meriah para pengunjung Anjungan Sumatera Barat di TMII.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Pariwisata Sumbar Drs.Busharman Bur,MM, Kadis Perhubungan, Kabiro Humas, Kabiro Umum, Kepala UPTD Anjungan Sumbar, Ka kantor Penghubung dan beberapa utusan SKPD dilingkungan Pemprov. Sumbar.

(Humas Sumbar)