48 KOPTAN DI PADANG TERIMA BANTUAN HAND TRACTOR

Berita Utama () 27 Desember 2014 07:47:25 WIB


Padang,-Gubernur sumbar Irwan Prayitno menyerahkan bantuan 48 unit Hand Tractor kepada 48 kelompok tani di 5 kecamatan di kota Padang, bantuan tersebut diserahkan ke Kecamatan Kuranji, Bungus Teluk Kabung, Koto Tangah, Pauh dan Lubuk Kilangan. Pembeliaan Hand Tractor tersebut berasal dari dana APBN-P Kementerian Pertanian Tahun 2014.

Gubernur menyampaikan Hand Tractor tersebut merupakan bantuan dari Menteri Pertanian RI saat melaksanakan kunjungan kerja Sumbar beberapa waktu yang lalu."Untuk sumbar dapat bantuan sebanyak 304 unit Hand Tractor dan untuk Kota Padang sebanyak 48 unit", ucap Irwan Prayitno.

Ia menambahkan bahwa bantuan tersebut diperuntukkan untuk Kabupaten/Kota yang ada di Sumbar, namun tidak seluruhnya yang dapat bantuan. Daerah yang mendapat seperti Padang, Kabupaten Solok, Dharmasraya, Agam, Pesisir Selatan.

"Bagi Kab/Kota yang tidak mendapat bantuan disebabkan karena keterlambatan kepala daerahnya mengajukan permohonan bantuan tersebut. Sementara itu untuk kab/kota yang belum, maka akan segera kita serahkan secepatnyaā€¯, ujar Gubernur.

"Ini merupakan penyerahan yang pertama dan untuk daerah yang belum diserahkan maka akan segera kita serahkan, untuk Kab. Pessel akan diserahkan pada hari minggu ini", kata IP. Pada penyerahan bantuan hand tractor juga dilakukan launching sejuta penamanan cabe di polybed di halaman kantor Dinas Pertanian Kota Padang, rabu kemaren (24/12).

Pada kesempatan yang sama, Walikota Padang Mahyeldi Anzarullah berpesan kepada kelompok tani yang menerima agar dipergunakan semaksimal mungkin sehingga meningkatkan hasil pertanian dan mampu pula meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya menghimbau dan mengajak kepada kelompok tani yang menerima agar merawat bantuan tersebut sebaik-baiknya, jan dipadiaan lo bahujan bapaneh ditangah sawah, beko bakarek nyo, habis tu rusak lai", ucap Mahyeldi.

Dia menambahkan bahwa bantuan ini berguna untuk jangka panjang dan tidak selalu dapat bantuan seperti ini.

Zulkifli, sebagai ketua kelompok Tani Oriza Gunung Sarik lolo yang menerima bantuan ini menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah kepada para kelompok tani kami.

"kami baharok dengan bantuan ko bisa manambah hasil pertanian kami basamo dan kami bisa pulo manyakolahkan anak-anak kami sampai tinggi, kok bisa kami baharok ado pulo tambahan bantuan bantuak iko pulo liak", harapnya.

(Humas Sumbar)