Tips Membawa Barang di Pesawat Terbang

Artikel Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) 13 Desember 2014 14:22:59 WIB


Ketika melakukan perjalanan menggunakan pesawat, acapkali kita disibukkan dengan membawa barang bawaan yang kadangkala memenuhi kuota yang telah ditentukan oleh maskapai penerbangan. Membawa barang bawaan, rupanya bisa jadi merepotkan diri sendiri bila tidak kita atur dengan baik. Umumnya, maskapai penerbangan dosmestik membatasi jumlah kuota barang seberat 20 Kg. Untuk itu perlu kiranya kita mempertimbangkan barang apa saja yang hendak kita bawa. Berikut adalah tips membawa barang bawaan :

1. Pastikan tempat tujuan yang akan anda tuju. Apakah itu untuk piknik, dinas kantor ataupun sekadar traveling biasa ala backpacker.

2. Untuk penumpang yang akan melakukan perjalanan dinas, bawalah barang bawaan yang simple dan sederhana, biasanya cukup untuk keperluan untuk agenda beberapa hari kedepan. Seperti perlengkapan mandi, dan pakaian secukupnya, bila memang memerlukan laptop sebagai sarana yang menunjang pekerjaan, gunakanlah tas khusus laptop yang bisa dibawa ke kabin pesawat, agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tumpang tindih barang bila diletakkan di bagasi. Anda bisa memisahkan pakaian dengan tas laptop, atau justru menyatukannya. Tergantung anda, bila anda orang yang simple, maka baju dan laptop bisa dijadikan satu tas. Saat ini, sudah banyak tas yang multifungsi dengan merek seperti : Polo, Naviclub, Palazo dll.

 

3. Sedangkan bila melakukan perjalanan rekreasi bersama keluarga dan teman bawalah pakaian dengan koper yang cukup besar dengan tatanan baju yang disusun rapi. Usahakan tidak perlu membawa barang-barang seperti laptop ataupun hal-hal lainnya yang tidak penting. Bawalah baju secukupnya, perlengkapan mandi dan kamera yang bisa digunakan untuk mengabadikan moment piknik Anda.

4. Kalau Anda terkategori ingin melakukan perjalanan ala backpacker, maka cukup menggunakan tas backpacker atau ransel yang cukup menampung semua barang menjadi satu. Umumnya, para backpacker pun menyarankan agar membawa barang yang benar-benar sangat diperlukan seperti baju, perlengkapan mandi, P3K hingga kamera yang digunakan untuk mengabadikan moment berharga. Membawa barang yang berlebihan akan menyebabkan kerepotan bagi diri Anda sendiri serta menambah biaya bagasi.

Sumber:Katalaya magazine