SATUAN PENDIDIKAN NON FORMAL SUMBAR KEMBALI RAIH PRESTASI NASIONAL

Pendidikan () 24 November 2014 03:27:07 WIB


Lembaga Kursus dan Pelatihan ( LKP ) merupakan satuan pendidikan non formal yang perlu terus ditingkatkan kualitasnya, baik program maupun satuan/lembaga itu sendiri sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan bekal pengetahuan, keterampilan/kecakapan hidup untuk mengembangkan diri, potensi, usaha mandiri atau melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

     Dalam rangka mewujudkan satuan/lembaga pendidikan non formal tersebut diatas dapat dimotivasi melalui suasana persaingan positif melalui kegiatan lomba lembaga kursus dan pelatihan, baik tingkat Kab/Kota, Provinsi dan Nasional.

     Sehubungan hal tersebut Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat melalui Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal telah melaksanakan kegiatan lomba lembaga kursus dan pelatihan berprestasi tingkat Sumatera Barat pada tanggal 2 s.d. 4 Juni 2014 lalu dengan dukungan dana APBD.

     Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang PNFI Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat     Dra. Sumarni, M.Pd diruang kerjanya, Rabu ( 19-11 ).

     Lebih lanjut Sumarni menjelaskan, Rabu ( 19-11) telah diumumkan juara lomba Lembaga Kursus dan Keterampilan ( LKP ) berprestasi tingkat Nasional, dan Alhamdulillah Sumatera Barat memperoleh juara II dan III ( dari 34 Provinsi ) untuk kategori Non Vokasional Berklasifikasi Pelayanan Minimal/Rintisan atas nama LKP Yayasan Pendidikan Insani Kabupaten Pasaman dan LKP INGG Motor Bukittinggi dimana kegiatan ini dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI 10 s.d. 12 Nopember 2014 lalu di Bogor Jawa Barat.

     Sementara itu Kasi Kursus dan Kelembagaan Dian Iskandar, SH mengatakan, bahwa prestasi ini tentu tidak didapat begitu saja melainkan ada proses yang telah dilakukan yaitu pembinaan dan bimbingan, mulai Kab/Kota sampai Provinsi, maka Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal telah berulangkali secara berkesinambungan/kontiniu melatih dan trainning terhadap pengelola lembaga berprestasi tingkat provinsi untuk maju ketingkat nasional.                              ( By: Pon Siswa, S.Sos/Disdik Sumbar )