HARAPAN MASYARAKAT TEMBUSNYA JALAN ALAHAN PANJANG-PASAR BARU

Infrastruktur () 24 Oktober 2014 05:09:02 WIB


 

Jalan Alahan Panjang-Pasar Baru pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 2007, pada tahun 2009 pembangunan terhenti karena adanya permasalahan hutan lindung, tahun 2011 pembangunan dilanjutkan lagi setelah dikeluarkan ijin oleh Menteri Kehutanan dan tertuang dalam RTRW Provinsi Sumatera Barat.

 

 

 

Gambar : Peta Lokasi Paket Pembangunan Jalan Alahan Panjang-Pasar Baru

 

 

Pada Tahun Anggaran 2014 Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memprogramkan pekerjaan fisik hanya untuk pekerjaan pembukaan badan jalan yang belum tembus sepanjang 11 km. Kontrak pekerjaan fisik dimulai pada bulan Juni tahun 2014, dan akan selesai pada awal Desember tahun 2014, dan sampai awal Oktober tahu 2014 telah terbuka sepanjang 6 km.

 

 

 

Gambar : Peta Situasi Paket Pembangunan Jalan Alahan Panjang-Pasar Baru Tahun 2014

 

 

 

 

Gambar : Foto Paket Pembangunan Jalan Alahan Panjang-Pasar Baru Tahun 2014

 

Sebagai tanda syukur, pada hari Jumat, tanggal 10 Oktober 2014, masyarakat Kenagarian Muaro Air melaksanakan acara syukuran di lokasi pekerjaan pembangunan jalan dengan mengundang Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman Provinsi Sumatera Barat. Dari masyarakat yang hadir pada acara syukuran tersebut diperoleh info bahwa mereka yang sudah 17 tahun meninggalkan kampung halaman mereka dan mengikuti prgoram transmigrasi karena kampung mereka karena terisolir. Dengan terbukanya jalan ini, mereka berniat akan kembali ke kampung halaman dan akan menggarap kembali kebun mereka (kebun kulit manis, pala, dll) yang telah mereka tinggalkan selama ini.

 

 

 

 

Gambar : Foto Syukuran Masyarakat di Lokasi Paket Pembangunan Jalan Alahan Panjang-Pasar Baru Tahun 2014

 

Menurut pengakuan masyarakat, dengan terbukanya jalan Alahan Panjang-Pasar Baru ini akan memberi masyarakat keuntungan secara ekonomi, hal itu disebabkan dengan adanya jalan tersebut akan mengurangi ongkos angkut hasil kabun mereka, yang saat ini saja mereka sudah bisa memperoleh keuntungan Rp. 2000/kg komoditi. Dengan mata yang berkaca-kaca masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat atas pembangunan jalan Alahan Panjang-Pasar Baru ini. Masyarakat mempunyai harapan agar jalan bisa tembus dan bisa dilewati oleh kendaraan umum, serta memohon untuk penataan kembali pemukiman mereka yang selama ini mereka tinggalk

Merupakan kebahagiaan bagi kami, apabila jalan yang dibangun bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak. Inshaa Allah jalan tembus yang menjadi impian masyarakat tersebut segera menjadi kenyataan.

 

Data Kegiatan :

 

Kegiatan

:

Pembangunan Jalan Provinsi dan Strategis Provinsi di Wilayah Kota Solok dan Kabupaten Solok

Paket

:

Pembangunan Jalan Alahan Panjang-Pasar Baru (P.073)

Nomor Kontrak

:

609/57/KTR/KPA-JJ/2014

Tanggal Kontrak

:

5 Juni 2014

Nilai Kontrak

:

Rp. 2.390.252.000

Tanggal SPL

:

5 Juni 2014

Tanggal SPMK

:

5 Juni 2014

Panjang Efektif

:

± 11 km

Masa Pelaksanaan

:

180 hari kalender

Kontraktor

:

PT. Dhamor Utama

Konsultan

:

PT. Dhanesmantara Consultant

Rencana PHO

:

1 Desember 2014