Sumbar Expo 2014 Dilounching

Berita Utama () 08 September 2014 03:08:48 WIB


Padang, —Setelah sukses melaksanakan Sumatera Barat Expo sebagai kegiatan promosi wisata  tahunan sejak tahun 2011 lalu, kembali pada tahun 2014 ini pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar kegiatan yang sama. Tahun ini Sumatera Barat Expo ke 4 ini dilaksanakan di Pantai Legian, Bali pada tanggal 13 sampai 16 November. Kegiatan yang dilaunching di Hotel Mercure Kota Padang tersebut ditandai dengan pemukulan tambur tasa oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim, Kamis (4/9).

Gubernur Irwan Prayitno mengatakan, dipilihnya Bali sebagai lokasi untuk memamerkan kekayaan seni, budaya dan wisata Sumatera Barat pada tahun ini, karena Bali merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang menjadi tujuan utama kunjungan para pelancong asing. Pada saat Sumbar Expo diadakan di Pulau Dewata, para turis asing tertarik, dan berminat untuk berlibur ke Sumatera Barat.

"Kita mendatangi pasar, berpromosi ke Bali, agar turis dan wisatawan local yang sedang berkunjung disana dapat melihat atau mendapat informasi tentang kekayaan seni, budaya, destinasi wisata, serta kuliner kita, sehingga nantinya mereka bisa tertarik untuk berkunjung ke Sumatera Barat," terang Irwan usai lounching Sumbar Expo tersebut.

 Dengan Sumbar Expo 2014 bertempat di Bali, tentunya promosi yang digencarkan yakni di sektor wisata bahari, mengingat karakter wisatawan yang berkunjung ke Bali, adalah para penggila selancar dan menyelam. Sementara daerah unggulan yang akan dipamerkan di Sumbar Expo yakni 7 Kabupaten/Kota di pesisir  Sumatera Barat, khususnya Kepulauan Mentawai yang memiliki ombak selancar berkelas dunia.

"Kita membidik Bali karena Bali banyak didatangi surfer, sementara kita di Sumbar juga memiliki lokasi surfing di Mentawai. Berdasarkan keterangan Kadisbudpar Bali, peselancar itu sudah mulai tahu dengan Mentawai, bahkan terlebih dahulu ke Mentawai baru ke Bali. Untuk itu promosi ini akan dioptimalkan bagi Kepulauan Mentawai, agar wisatawan asing tahu semuanya,"ungkapnya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi tentang materi yang akan dipamerkan oleh Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Sumbar Expo mendatang, Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Mentawai Desti Seminora mengatakan, selain video lokasi dan aktivitas surfing, juga disiapkan video prosesi pembuatan Tatoo tertua di dunia asli Mentawai.

"Kita punya ombak bagus di beberapa titik. Itu nanti kita informasikan. Selain itu tatoo khas Mentawai juga kita tampilkan dalam video mulai awal sampai akhir pembuatannya. Kita memang ingin menarik minat wisata asing, karena tingkat kunjungannya selalu meningkat setiap tahun.  Pada tahun 2013 dulu jumlah kunjungan wisatawan asing setahun mencapai 6700 orang. Di tahun 2014 sampai Agustus sudah 7000 orang,"pungkasnya. (Humas Sumbar).