56 CALON PASKIBRAKA SUMATERA BARAT DITETAPKAN

Berita Utama () 05 Mei 2014 01:31:33 WIB


  PADANG,… 56 calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( Paskibraka ) tingkat Nasional dan Provinsi Sumatera Barat telah ditetapkan, pada tahapan seleksi yang dijalani dari tanggal 1 samapai 4 Mei 2014 di Gedung Kwarda Pramuka 03 Sumatera Barat.

 

Ketua pelaksana Kepala Seksi Kepemimpinan dan Tenaga Kepemudaan Hendri Budi Utama, S.Pd menerangkan, Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumatera Barat dalam pelaksanaan seleksi calon Paskibraka Tahun 2014 telah diawasi oleh Tim Pusat yaitu Koordinator pelatih dari Jakarta beserta Purna Paskibraka Indonesia ( PPI ) Pusat.

 

Kegiatan ini juga ditangani oleh tim seleksi yang berasal dari berbagai unsur antara lain, Kepolisian ( Brimobda Sumbar ), angkatan Laut ( Marinir ) dan Purna Paskibraka Indonesia ( PPI ) serta unsur lainya, karena itu dari hasil seleksi yang dijalani 110 siswa kelas satu SLTA kabupaten dan Kota se Sumatera Barat tersebut, panitia dalam merekap nilai dan merengking untuk dipilih menjadi 56 dipastikan sesuai kualitas dan syarat- syarat yang telah ditetapkan.

 

Hendri BU juga memaparkan, sementara untuk nominasi ke tingkat Nasional akan dipilih 5 pasang peserta putera dan puteri untuk dijadikan 2 pasang, yang 2 pasang ini nantinya akan diseleksi di Jakarta guna mendapatkan satu pasang peserta untuk bertugas di istana Negara, sementara yang satu pasang lagi akan di kembalikan bergabung  dengan calon Paskibraka Provinsi.

 

“ kita berharap dari hasil seleksi yang di sampaikan nanti agar dapat diterima oleh semua pihak,’’ urai Hendri BU.

 

Kegiatan itu secara resmi ditutup Minggu 4/ 5 oleh Sekretaris Dispora Sumbar Adib Alfikri, SE, M.Si didampingi penanggung jawab kegiatan, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Drs. Afrizal Muchtar, M.Pd, serta turut dihadiri Koordinator pelatih Paskibraka Pusat Mayor Aminudin, Bendahara PPI Pusat Dina dan pejabat lainnya.

 

Dalam sambutannya Adib Alfikri menyatakan, pemuda merupakan calon pemimpin bangsa, pemimpin itu harus mempunyai karakter dan seleksi Paskibraka ini salah satu dari pembentukan karakter tersebut. Jangan salah artikan tahapan seleksi yang telah dijalani dengan memandang kegiatan ini hanya sekedar baris berbaris, atau dipilih dan lolos untuk diikutkan dalam tingkatan selanjutnya, tetapi jadikanlah kegiatan ini sebagai kebanggan diri telah berada didalamnya, karena tidak semua orang dapat kesempatan masuk dalam kegiatan ini .

 

“ Harus diingat dalam proses seleksi ini tidak ada istilah gugur dan terbuang, tetapi hanya belum dapat amanat saja namun dibalik semua itu bagi yang tidak terpilih, akan tetap tercatat sebagai seorang Paskibraka sekurang- kurangnya di Kabupaten dan Kotanya sendiri,’’ kata Adib Alfikri menyemangati peserta seleksi calon Paskibraka.  ( M )