KORMI Sumbar Upayakan Akselerasi Kebugaran Masyarakat Melalui Fordeswita 2024

KORMI Sumbar Upayakan Akselerasi Kebugaran Masyarakat Melalui Fordeswita 2024

Berita Utama Havina Mirsya \'afra, S. Sos.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 29 September 2024 18:19:14 WIB


Mengusung tema “Ayo Berolahraga”, Komite Olahraga Masyarakat Indonesia Sumatera Barat (KORMI Sumbar) menggelar Festival Olahraga Masyarakat di Desa Wisata (Fordeswita) 2024. Dalam sambutannya, Ketua KORMI Sumbar, Mahyeldi, mengatakan bahwa salah satu tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menghadirkan warga yang bugar dan sehat. Sebab, tingkat kebugaran masyarakat diketahui masih rendah, sehingga diharapkan ajang Fordeswita 2024 ini dapat mengakselerasikan kebugaran masyarakat Sumbar.

“Dalam upaya untuk mengakselerasi kesehatan dan kebugaran masyarakat, Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI Nasional) telah menetapkan Provinsi Sumatera Barat pelaksana pilot project Festival Olahraga Masyarakat di Desa Wisata tahun 2024,” ujar Mahyeldi saat memberikan sambutan dalam gelaran Fordeswita 2024 di Pasir Pantai Jambak, Kota Padang, Minggu (29/09/2024).

Menurut Mahyeldi, ajang ini tidak hanya menawarkan keindahan alam Pantai Pasir Jambak, namun juga kekayakaan budaya lokal. Mahyeldi pun mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini dan berharap Fordeswita 2024 menjadi momentum dalam mempererat tali silaturrahmi. 

“Festival Olahraga Masyarakat di Desa Wisata ini tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga kekayaan budaya lokal yang perlu kita lestarikan. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat ekonomi masyarakat, khususnya dalam memperkenalkan Pantai Pasir Jambak sebagai destinasi unggulan bagi wisatawan yang ingin berwisata dan berolahraga,” lanjut Mahyeldi.

Selain itu, Ketua KORMI Nasional, Hayono Isman yang juga hadir dalam ajang tersebut menyatakan bahwa Fordeswita 2024 tidak akan terjadi tanpa adanya kolaborasi dari berbagai pihak. Ia berharap KORMI Sumbar dapat mengembangkan berbagai olahraga rakyat yang ada di Sumbar, salah satunya adalah Sipak Rago. 

“Kami harap kegiatan ini tidak hanya didukung hanya untuk hari ini, tetapi juga pada masa-masa yang akan datang, karena harapan kita semua, sumber daya desa Pasir Jambak harus tangguh. SDM Pasir Jambak harus bangkit. Karena tidak hanya sehat, tapi juga khususnya warga Pasir Jambak harus bugar, sehingga SDM Pasir Jambak akan unggul dalam mengelola keindahan Pasir Jambak,” sebut Hayono.

Secara terpisah melalui tayangan video, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan selamat kepada KORMI Sumbar terkait penyelenggaraan Fordeswita 2024. Ia pun berharap kegiatan ini dapat mendorong sektor pariwisata dan ekonomi kreatif daerah Pasir Jambak dan sekitarnya.

“Semoga Fordeswita 2024 dapat diselenggarakan secara sukses dan juga menjadi pendorong pengembangan sektor parekraf yang dapat mempromosikan potensi keindahan pariwisata desa wisata,” ujar Sandiaga.

Dihadiri oleh berbagai unsur mulai dari tingkat kementerian, organisasi perangkat daerah (OPD) Sumbar hingga tingkat nagari, pembukaan Fordeswita 2024 digelar dengan meriah dan dihadiri oleh ratusan masyarakat. Fordeswita 2024 mengadakan berbagai kegiatan berupa senam massal, talk show kesehatan dan kebugaran, dan beragam penampilan seni dan budaya. Tidak hanya itu, dalam ajang ini juga terdapat doorprize yang diberikan bagi masyarakat yang beruntung. (hm/Diskominfotik Sumbar)