Ketua TP.PKK Sumbar Ummi Harneli Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional di Papua

Ketua TP.PKK Sumbar Ummi Harneli Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional di Papua

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 25 Juli 2024 09:35:54 WIB


Ketua TP. PKK Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Ny. Harneli Mahyeldi menghadiri acara puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 Tahun 2024 dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2024 bertempat di Istora Papua Bangkit Provinsi Papua yang dihadiri oleh Bapak Presiden Republik Indonesia dan Ibu Negara Republik Indonesia. 

Puncak peringatan HAN tahun ini mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dan Sub Tema “Suara Anak Membangun Bangsa” serta tagline “Bergembira Bersama Presiden dan Ibu Negara”. 

Ny Harneli yang biasa dipanggil Ummi Harneli disela kegiatan menyampaikan selamat hari anak nasional. Ummi berharap pada momen istimewa ini, semua unsur menyatukan tekad untuk menciptakan generasi emas yang cerdas, berakhlak mulia, dan berdaya saing tinggi menuju Indonesia Emas 2024.

"Anak-anak kita adalah aset berharga bangsa, mari kita dukung penuh tumbuh kembang mereka dengan pendidikan yang berkualitas, lingkungan yang sehat, dan kasih sayang tanpa batas. Bersama-sama, kita wujudkan masa depan yang cerah bagi Indonesia," ujar Ummi.

Ketua Umum Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), Ny. Tri Tito Karnavian, mengatakan pihaknya sengaja menggelar puncak HAN 2024 di Papua agar anak-anak di timur Indonesia juga merasakan meriahnya HAN.

“Kami bekerja sama dengan Kementerian PPA untuk melaksanakannya di Kabupaten Jayapura dan ini adalah dari Ibu Negara yang ingin anak-anak di paling timur Indonesia pun merasakan kegembiraan dalam merayakan Hari Anak Nasional 2024,” ujar Ny. Tri Tito.

Ia pun berharap peringatan HAN ke-40 dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat, khususnya anak-anak Indonesia. Salah satunya adalah masyarakat dapat menyadari bahwa anak-anak memiliki hak sipil yang harus diperhatikan.

Berbagai macam penampilan dalam peringatan yang mengambil tema “Suara Anak Membangun Bangsa” tersebut. Di antaranya adalah penampilan 100 anak-anak Papua Program Gasing, penampilan baris-berbaris, penampilan marching band, hingga persembahan lagu oleh penyanyi cilik Papua, yang diiringi peragaan busana hasil karya perancang Papua.

Selain itu, acara tersebut juga menampilkan “Tari Kolosal Yospan” yang dibawakan oleh sekitar 2.600 pelajar SD-SMP Papua. Penampilan tersebut bahkan mendapatkan pemecahan rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) sebagai karya anak terbesar di Indonesia.

Turut hadir pada acara tersebut adalah Ibu Wury Ma’ruf Amin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri PPA Bintang Puspayoga, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto, Pj. Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun, para anggota OASE KIM, dan Ketua TP PKK seluruh indonesia.(ef.phb/doa/Diskominfotik Sumbar)