Buka Jambore PKK ke-21, Gubernur Sumbar Pastikan Integrasi untuk Sinergi dan Kolaborasi Program PKK

Buka Jambore PKK ke-21, Gubernur Sumbar Pastikan Integrasi untuk Sinergi dan Kolaborasi Program PKK

Berita Utama Havina Mirsya \'afra, S. Sos.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 18 Juli 2024 06:56:42 WIB


Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-52 dan Jambore Kader Tim Penggerak (TP) PKK Berprestasi ke-21 tahun 2024, resmi dibuka Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi di Alahan Panjang Resort, Rabu (17/07/2024). 

Mengusung tema “Kita Sinergitaskan Gerakan PKK untuk Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju”, peresmian ditandai dengan ditabuhnya gandang oleh Gubernur Mahyeldi, Ketua TP. PKK Sumbar Ny. Harneli Mahyeldi, Wakil Ketua TP-PKK Sumbar, Ny. Fitria Amalia Audy, Bupati Solok, dan Ketua TP-PKK Kabupaten Solok. Peresmian dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua TP-PKK Sumbar.

Dalam sambutannya, Mahyeldi yang juga merupakan Ketua Pembina TP-PKK Sumbar mengungkap pentingnya keberadaan PKK dalam pembangunan. PKK memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pembangunan mulai dari tingkat nagari, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, bahkan nasional.

“Kegiatan Jambore ini menjadi bagian yang diintegrasikan dengan OPD-OPD yang ada di daerah. Integrasi ini tentu akan menghadirkan sinergi dan kolaborasi yang baik untuk ke depannya,” jelas Mahyeldi.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Sumbar, Ny. Harneli Mahyeldi yang akrab disapa Ummi, menekankan peran strategis PKK dalam pembangunan di berbagai aspek. Ummi Harneli juga mengapresiasi para kader PKK yang bersedia bekerja ikhlas tanpa mengharapkan gaji.

“Wujud dari apa yang telah dilakukan, yang hadir ini adalah kader-kader PKK yang berprestasi di kabupaten/kotanya. Maka ini adalah reward dari PKK provinsi bahwa yang hadir ini adalah PKK berprestasi,” ungkap Ummi.

Sementara itu, Bupati Solok, Epyardi Asda memberikan ucapan selamat datang kepada para kader PKK yang menghadiri acara ini. Ia berharap kegiatan ini dapat dinikmati oleh seluruh kader PKK dengan penuh kegembiraan.

“Sebagai tuan rumah, kami merasa senang dan berharap acara ini dapat berjalan dengan sebaik-baiknya dan bergembira bersama-sama disini,” sambutnya.

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 dan Jambore Kader PKK Berprestasi ke-21 merupakan ajang perlombaan yang diikuti seluruh kader PKK di Sumbar. Berbagai jenis perlombaan diselenggarakan dalam acara ini seperti Lomba Jingle Kreasi Pelangi, Lomba Defile Yel-Yel, Lomba Paduan Suara, dan lainnya.

Tidak hanya itu, di malam pembukaan dan peresmian acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan spektakuler dari grup musik asal Sumbar, Darak Badarak yang dapat dinikmati tidak hanya oleh peserta, tapi juga masyarakat umum. (hm/Diskominfotik Sumbar)