Resmi Dibuka Gubernur Mahyeldi, BBPSDMP Kominfo Medan Bekerjasama dengan  Diskominfotik Sumbar Gelar Pelatihan Vokasi

Resmi Dibuka Gubernur Mahyeldi, BBPSDMP Kominfo Medan Bekerjasama dengan  Diskominfotik Sumbar Gelar Pelatihan Vokasi

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 20 Februari 2024 12:39:04 WIB


Sebanyak 100 peserta mahasiswa dan lulusan baru perguruan tinggi, ikuti pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA) yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan bekerjasama dengan Diskominfotik Sumatera Barat (Sumbar), dibuka Gubernur Sumbar Mahyeldi, di Aula Universitas Metamedia, Belanti Padang, Senin (19/2/2024). 

Gubernur Sumbar, Mahyeldi dalam sambutannya mengapresiasi pelatihan yang sangat penting dan strategis dalam upaya meningkatkan produktifitas anak bangsa di tengah persaingan dan perkembangan teknologi informasi.

Selain itu, pelatihan ini juga sejalan dengan program di Provinsi Sumbar untuk digitalisasi pemerintahan. 

"Peatihan ini juga sangat penting dalam menghadirkan generasi angkatan kerja yang kompeten dalam upaya percepatan penurunan pengangguran dan peningkatan tenaga terampil di Sumbar," ungkap gubernur.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Dr. Christiany Juditha dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Sumbar atas kerjasamanya sehingga kegiatan ini terlaksana sebagaimana mestinya.

“Sumbar istimewa. Kami sangat apresiasi Bapak Gubernur karena selama kami menggelar pelatihan di berbagai provinsi, baru kali ini yang dihadiri langsung oleh gubernur. Kedepan untuk Sumbar kami agendakan beberapa pelatihan lagi dari beberapa pelatihan yang kita kelola,"kata Christiany. 

Kegiatan ini digelar selama lima hari mulai dari Senin 19 Februari s/d 23 Februari 2024. Pada hari pertama hadir sebagai narasumber Kadis Kominfotik Sumbar Siti Aisyah dengan tema "Digital Education: Application, Sharing and Innovation". Narasumber kedua, Rektor Universitas Metamedia Masyhuri Hamidi, Ph.D.

Kegiatan berlangsung secara offline, pada tiga hari pertama peserta ikuti bimbingan dari para instruktur dengan beberapa materi diantaranya kelas Junior Graphic Desain, Kelas Video Editor dan Kelas Penulisan naskah Program Siaran Televisi.

Pada hari ke empat dan kelima, para peserta  mengikuti ujian sertifikasi dan bagi peserta yang lulus nanti akan mendapat sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.(doa/Diskominfotik Sumbar)