Hadiri Perayaan Nasional HUT GPIB ke-75 di Padang, Sekda Hansastri Sampaikan Pesan Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu 

Hadiri Perayaan Nasional HUT GPIB ke-75 di Padang, Sekda Hansastri Sampaikan Pesan Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu 

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 01 November 2023 15:47:12 WIB


Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar Hansastri menghadiri perayaan nasional HUT Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) di Hotel truntum, Padang, Selasa (31/10/2023) malam. Perayaan ini menjadi puncak rangkaian kegiatan HUT GPIB di Kota Padang yang berlangsung sejak 27 Oktober 2023. 

Dalam perayaan yang mengangkat tema “Memberdayakan Warga Gereja secara Intergenerasional guna Merawat Jejaring Sosial dan Ekologis di Konteks Budaya Digital, itu, Hansastri menyampaikan apresiasi sudah memilih Sumbar sebagai pusat kegiatan dengan berbagai rangkaian kegiatan bakti sosial. 

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada GPIB, yang sudah berusia 75 tahun," ujar Hansastri. 

Lebih lanjut Sekda Hansastri memaparkan bahwa di Sumbar kondisi kerukunan beragama cukup bagus. Tidak pernah adanya kerusuhan antar umat beragama seperti yang terjadi di daerah lain. 

"Kami menghimbau agar kita bisa sama-sama menjaga suasana yang kondusif ini, apalagi dalam suasana Pemilu nanti," lanjut Hansastri. 

Turut hadir dalam perayaan tersebut jajaran pejabat terkait, diantaranya Kaban Kesbangpol Sumbar Jefrinal Arifin, Forkopimda Sumbar, dan Ketua FKUB Sumbar. 

Sebelumnya, rangkaian perhelatan akbar HUT GPIB ke-75 di Kota Padang berlangsung meriah. Dimulai dengan ibadah pembukaan yang digelar di GPIB Efrata Padang yang dibuka oleh Ketua Umum Majelis Sinode GPIB Pendeta Paulus Kariso Rumambi, Jumat (27/10/2023). 

Pada peringatan HUT juga dilaksanakan Aksi Bakti Sosial, Kepedulian Lingkungan dan Seminar; dan Ibadah Raya HUT GPIB ke-75 Tahun yang terselenggara secara Interkoneksivitas Digital dari 7 wilayah pelayanan GPIB (Padang, Jakarta, Semarang, Surabaya, Samarinda, Bali dan Makassar). 

Selain itu juga dilaksanakan peresmian Taman Digital dan Tugu Pohon Harapan 75 Tahun GPIB. Tugu Pohon Harapan GPIB ini akan memiliki ruang penyimpanan Time Capsule, berisikan HARAPAN seluruh jemaat GPIB di usia 100 Tahun (Menuju 100 Tahun GPIB). 

Seperti diberitakan sebelumnya, perhelatan Nasional HUT GPIB ke-75 mendapat dukungan dari Gubernur Sumbar, Mahyeldi. Dukungan tersebut disampaikan gubernur saat menerima audiensi rombongan GPIB jemaat Efrata Padang, di akhir Agustus lalu. 

Pada kesempatan itu gubernur mengimbau, seluruh elemen di Sumbar untuk senantiasa menjaga situasi agar selalu kondusif, sehingga, setiap agenda besar yang berlangsung di Sumbar dapat berjalan lancar, sesuai dengan harapan bersama. 

Sementara itu Ketua Majelis Jemaat GPIB Efrata Padang, Pendeta (Pdt) Salmon Leatemia mengatakan jemaat GPIB sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan Gubernur Mahyeldi terhadap rencana Peringatan HUT ke-75 GPIB di Sumbar.(doa/mg/Diskominfotik Sumbar)