Dibuka Hansastri, Pemprov Sumbar dan Solok Selatan Matangkan Persiapan Jelang MTQ Nasional Tingkat Provinsi ke-40

Dibuka Hansastri, Pemprov Sumbar dan Solok Selatan Matangkan Persiapan Jelang MTQ Nasional Tingkat Provinsi ke-40

Berita Utama Algamar Arif Safitra, S.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 24 Agustus 2023 17:33:02 WIB


Jelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-40 tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan dihelat di Kabupaten Solok Selatan, Pemprov Sumbar bersama Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menggelar rapat koordinasi guna mematangkan persiapan MTQ yang akan dilaksanakan akhir 2023 nanti.

Dijelaskan Sekdaprov Sumbar Hansastri, pemilihan Solok Selatan sebagai tuan rumah event terbesar bagi Qori dan Qoriah se-Sumatera Barat itu merupakan pilihan tepat. Menurutnya pelaksanaan event, baik tingkat provinsi apalagi tingkat nasional, akan semakin menstimulus percepatan pembangunan di Solok Selatan.

"Kegiatan juga dimanfaatkan untuk memacu pertumbuhan ekonomi di Solok Selatan. Kita ingin banyak kegiatan provinsi dan nasional diadakan di Solok Selatan untuk akselerasi pembangunan," ujar Hansastri membuka rapat koordinasi di Padang, Kamis (24/08/2023).

Pada kesempatan yang sama, Bupati Solok Selatan Khairunas mengungkapkan pihaknya sudah mempersiapkan penyelenggaraan MTQ dalam 2 tahun terakhir. 

"Ini adalah yang pertama sejak 19 tahun berdirinya Solok Selatan. Sebagai yang diberikan kepercayaan, kita di Solok Selatan berusaha memberikan yang terbaik dan ingin sukses melaksanakan MTQ Nasional tingkat provinsi yang ke-40 ini," ungkap Khairunas.

Diketahui persiapan MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat XL ini menelan biaya sebesar Rp. 11 Miliar. Anggaran ini digunakan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan untuk mempersiapkan infrastruktur berupa 17 venue, serta sarana dan prasarana pelaksanaan event lainnya.

Disamping itu, MTQ yang diperkirakan akan menghadirkan 1786 orang di Solok Selatan tersebut, juga didukung 72 pemondokan kafilah, 1 hotel, 6 wisma dan 2 homestay. Sementara pembukaan dan penutupan event nantinya akan dipusatkan di GOR Rimbo Tangah, Nagari Lubuak Gadang, Kecamatan Sangir.

Pada rapat itu juga dibahas petunjuk teknis bagi calon peserta yang disampaikan oleh LPTQ Sumbar. Petunjuk teknis berikut jadwal seluruh rangkaian MTQ, nantinya akan diumumkan bersamaan dengan peluncuran logo MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat ke-40 Tahun 2023 itu.