Sosialisasi dan Pelatihan Pengentrian Pada SIMBANGDA BASED EVIDENCE dalam Pengendalian Pembangunan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Sinergitas Pembangunan Kabupaten/ Kota di Sumatera Barat.

Sosialisasi dan Pelatihan Pengentrian Pada SIMBANGDA BASED EVIDENCE  dalam Pengendalian Pembangunan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Sinergitas Pembangunan Kabupaten/ Kota di Sumatera Barat.

Berita OPD Hamid Septian, S.Kom.(BIRO ADMINISTRASI PEMBANGUNAN) 07 Februari 2023 13:53:54 WIB


Asisten Perekonominan dan Pembangunan Setdaprov Sumbar membuka secara resmi Sosialisasi dan pelatihan pengentrian pada sistem informasi manajemen pembangunan daerah (SIMBANGDA) berbasis pembuktian (evidence) pada Senin 6 Februari  2023

Acara yang digelar oleh aparatur Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat di Istana Bung Hatta Bukittinggi setempat ini diikuti lebih dari 100 orang operator pada masing masing OPD di Lingkup Pemerintah Provinsi Sumatera Barat

Dalam sambutannya Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Wardarusmen mengatakan, aplikasi yang telah digunakan sejak tahun 2021 ini terus dilakukan perkembangan dalam upaya percepatan pelaporan kegiatan yang dilaksanakan oleh OPD. Selain itu acara ini juga sebagai  sosialisasi fitur fitur baru yang telah di kembangkan pada aplikasi Simbangda. 

Asisten Perekonoian dan Pembangunan, Wardarusmen menyampaikan, Simbangda ini merupakan perangkat lunak yang didisain untuk mempermudah pelaporan realisasi fisik dan keuangan serta laporan pelaksanaan paket pekerjaaan yang sedang dikerjakan oleh OPD secara real time sehingga pengendalian dan pemantauan pelaksanaan pembangunan dapat dilakukan oleh Pimpinan Daerah dan stakeholders terkait setiap saat secara digital

Saat ini Aplikasi Sistem Pengendalian Pembangunan Daerah (SIMBANGDA) sudah merupakan instrument yang wajib bagi Kepala Daerah, dalam hal ini Gubernur Sumatera Barat dalam melakukan monitoring dan evalusi kinerja Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Hal trsebut juga dapat dilakukan oleh Bupati/ Walikota apabila Kabupaten/ Kota tersebut juga mereplikasi penggunaan SIMBANGDA sebagai instrument dalam pengendalian pembangunannya.

Dengan Aplikasi SIMBANGDA dapat dievaluasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) OPD di Lingkungan Pemprov Sumbar. Ini menjadi dasar bagi Bapak Gubernur Sumatera Barat dalam mengambil langkah-langkah dan kebjakan dalm penentuan arah pembangunan Sumatera Barat.

Dalam mencapai upaya tersebut, dilakukan rapat-rapat evaluasi setiap bulannya baik secara keseluruhan maupun per Lingkup Asisten yang mengkoordinirnya. Dari hasil dan tampilan SIMBANGDA ini juga dapat dilakukan upaya percepatan-percepatan pelaksanaan pembangunan yang mana apabila pada aplikasi ditemukan permasalahan dalam pelaksanaan program/ kegiatan/ sub kegiatan/ paket pekerjaan. Dapat juga diambil kebijakan dan meningkatkan koordinasi antar OPD dalam pelaksanaan sinergitas pembangunan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Dalam hal pemerintah Provinsi Sumatera Barat sebagai Wakil pemerintah Pusat di Daerah, telah dilakukan juga replikasi SIMBANGDA oleb beberapa Kabupaten/ Kota di Sumatera Barat. Dimana dengan aplikasi ini dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan pada rapat-rapat Gubernur bersama Bupati/ Walikota se-Sumatera Barat. Pemamfaatan Tehnologi Informasi ini untuk mendukung reformasi birokrasi sehingga pelaksanaan kegiatan lebih efektif dan efisien 

Kepala Biro Administrasi Pembanguanan Setdaprov Sumbar, Hefdi, S.H, MSi  mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah dengan Sosialisasi dan Pelatihan ini diharapkan masing masing OPD dapat memaksimalkan penggunaan aplikasi dalam pelaporan kegiatan Tahun Anggaran 2023 yang akan datang.

Untuk itu ia berharap seluruh peserta serius menghadapi materi yang akan disampaikan oleh Narasumber karena aplikasi ini akan terus digunakan lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.