Penutupan Diklat Teknis Bendaharawan Pengeluaran bagi Apartur di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat oleh Gubernur Sumatera Barat

Berita Utama Badan Pendidikan dan Latihan(Badan Pendidikan dan Latihan) 23 Agustus 2014 08:40:44 WIB


Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera Barat, Badan Diklat Sumbar -

Indaruang Padang Besi, Padang 23 Agustus 2014.

Bertempat di Aula Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat, Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat H. Rosman Effendi, S.E., S.H., M.M secara resmi Menutup penyelenggaraan Diklat Teknis Bendaharawan Pengeluaran bagi aparatur di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Gubernur mengucapkan selamat kepada peserta karena telah melalui suatu tahapan dalam proses peningkatan pengetahuan dan kemampuan yang mengarah kepada peningkatan kompetensi Aparatur khususnya aparatur yang bertugas sebagai Pengelola Keuangan Daerah.

Diklat Teknis Bendaharawan Pengeluaran ini diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan SDM Aparatur menuju pelayanan dan Penatausahaan Keuangan Daerah serta pelaksanaan tugas Bendaharawan pada masing –masing SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) BPK terhadap Laporan Keuangan Pemprov. Sumbar di Tahun 2013, haruslah dipertahankan di masa -masa mendatang. Untuk itu peningkatan kualitas SDM Pengelola Keuangan adalah salah satu usaha mempertahankan Opini WTP dari BPK tersebut.

Kompetensi yang diperoleh dalam diklat bendaharawan, tidak hanya bisa bermanfaat untuk menjadi bendahara, namun pengetahuan tentang peraturan tentang pengelolaan keuangan ini akan membantu jika peserta diklat berkarir dijabatan yang lebih tinggi nantinya. Karena, banyak pejabat tersangkut kasus korupsi tidak memahami aturan keuangan.

Mengakhiri sambutannya Gubernur menghimbau agar peserta selalu mau belajar karena waktu yang cukup singkat ini jelas belum dapat memenuhi seluruh kebutuhan ilmu Pengetahuan yang dibutukan tentang Bendaharawan ini secara maksimal.

Dalam laporannya Direktur Latihan Liesmayeti,SE melaporkan bahwa pelaksanaan Diklat Teknis Bendaharawan Pengeluaran yang dilaksanakan dari tanggal 5 sampai dengan 23Agustus 2014 telah berjalan dengan baik sesuai dengan rencana dan ke 30 peserta dinyatakan lulus. Kepala Bidang Diklat Teknis Hj.Arnita Aziz selaku Koordinator Latihan menyampaikan 5 (lima) peserta terbaik yaitu peringkat 1. Toni Firmansyah, A.Md dari RSUD Solok, 2. Handoyo dari Dinas PSDA Prov. Sumbar; 3. Ernalis, SH dari Dinas Perkebunan Prov. Sumbar; 4. Feri Hidayat dari Badan Diklat Prov. Sumbar dan 5. Vandrowis Darwis, S.Sos dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Sumbar.