Ummi Harneli: Transformasi Digital Untuk Kemajuan UMKM Sumbar 

Ummi Harneli: Transformasi Digital Untuk Kemajuan UMKM Sumbar 

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 10 Juni 2023 21:51:24 WIB


Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Ny. Harneli Mahyeldi menyampaikan pesan pentingnya literasi digital untuk mempercepat transformasi digital khususnya bagi UMKM di Sumbar. 

Harneli yang akrab disapa ummi itu mengatakan, transformasi digital saat ini sudah menjadi kebutuhan pasar, dimana penjual dan pembeli bertemu di dunia maya. 

"Digitalisasi UMKM menjadi suatu keharusan. Harus gitu kalau ingin maju. Kalau tidak jualan kita ya gitu-gitu aja. Di marketplace misalnya, pembelinya bisa dari seluruh Indonesia, bahkan internasional," ungkap Ummi Harneli saat menjadi narasumber Literasi Digital, dengan tema 'Menuju Digitalisasi UMKM Sumatera Barat', yang digelar oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Sumbar, di Aula Kantor Camat Padang Panjang, Jumat (9/6/2023). 

Beberapa persoalan klasik UMKM menurut Ummi, seperti persoalan permodalan saat ini juga semakin dimudahkan melalui berbagai pinjaman ringan berkelompok tanpa bunga yang ditawarkan berbagai penyedia layanan. 

Ummi juga menyinggung soal pengemasan produk hingga pemasaran juga harus terus diperbarukan agar tidak ketinggalan zaman. Ummi mwnghimbau pelaku UMKM agar berjualan secara onli e melalui berbagai marketplace ternama , dan bergabung dengan Dekranasda untuk menambah jaringan. 

"Selain itu yang paling penting menjadi dasar pengembangan UMKM adalah kejujuran. Untung mungkin sedikit, tapi peluang pengembangan usaha sangat terbuka lebar. Inovasi suatu keharusan. Tampilan harua bersih, dan jangan menunggu, tapi lihat peluang. Saat ini di Sumbar banyak ivent-ivent daerah maupun nasional," kata Ummi. 

Melalui bimtek literasi digital bagi UMKM ini Ummi berharap para peserta betul-betul mengikuti sehingga pengetahuan dan skill pelaku UMKM bisa semakin bertambah guna menunjang pemasaran produk, kemajuan usaha dan kesejahteraan masyarakat. 

Sebelumnya, Kadis Kominfotik Sumbar Siti Aisyah, dalam sambutan pembukaan bimtek juga menyampailan hal serupa. Ia berharap melalui bimtek ini dapat memberikan informasi dan pencerahan kepada seluruh UMKM dalam meningkatkan nilai tbah sehingga mampu bertahan dalam kondisi apapun. 

"Seperti kita ketahyi banyak UMKM yang gulung tikar dan tidak mampu bertahan, apalagi dalam situasi pandemi lalu. Karena kebanyakan UMKM kita masih menggunakan cara-cara konvensional sehingga akhirnya gulung tikar," ujar Siti Aisyah. 

"UMKM seyogyanya harus mengikuti perkembangan teknologi informasi yang semakin hari semakin cepat perubahannya sehingga mampu bertahan dan berkembang," sambung Siti. 

Kegiatan literasi diikuti 50 peserta pelaku UMKM dari Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Padang Pariaman. 

Para peserta menerima pembekalan dari narasumber yang berkompeten di bidangnya dengan harapan semakin banyak jumlah UMKM yang melek teknologi.(doa/Diskominfotik Sumbar)