Terbaik di Tingkat Sumbar, Desa Kubang Tangah Sawahlunto Dinilai Tim Nasional

Terbaik di Tingkat Sumbar, Desa Kubang Tangah Sawahlunto Dinilai Tim Nasional

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 28 Oktober 2022 19:26:01 WIB


Sawahlunto, Oktober

Tim Penilai Nasional Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2022 melakukan penilaian lapangan, sekaligus klarifikasi data, ke Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Jum’at (28/10/2022). Desa ini merupakan juara 1 untuk tingkat Sumatera Barat dan terpilih mewakili provinsi ini ke tingkat nasional.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, SH yang didampingi Wakil Wali Kota Zohirin Sayuti, SE menyambut hangat kedatangan Tim Penilai yang dipimpin oleh Ibu Andi Yuliarmiangsyah Razmi, AP,M.Si. Hadir Forkopimda Sawahlunto, Kadis Sosial PMD Sawahlunto Efriyanto, S.Sos, Camat Lembah Segar dan Kepala Desa Rice. Sebagai pendamping Tim Penilai dari Dinas PMD Sumbar yaitu Sekretaris Dinas Amriman, S.Pd.MM dan Kabid Pemerintahan Nagari Desrianto Boy, S.Pd.,M.Si.

Ketua Tim Penilai Andi Yuliarmiangsyah Razmi menyampaikan rasa terima kasih, apresiasi dan rasa kagum atas penyambutan hangat dari seluruh jajaran Pemerintah Kota Sawahlunto, dimana juga disuguhkan aneka kesenian tradisional dan pemandangan dari Puncak Cemara yang sangat memukau.

Menurut Ibu Andi Yuliarmiangsyah Razmi, maksud kedatangan Tim Penilai adalah untuk memastikan dan menguji kesesuaian antara ekspose Kepala Desa Kubang Tangah dengan realita di lapangan, serta menggali lebih dalam potensi desa yang mungkin belum tersampaikan secara gamblang pada saat ekspose sebelumnya. 

“Kami berharap Kepala Desa Kubang Tangah Rice mampu membuktikan dan menunjukkan potensi dan inovasi yang sudah dilakukan sehingga dapat meyakinkan kami bahwa Desa Kubang Tangah memang layak menjadi yang terbaik di tingkat regional dan nasional,” imbuh Ibu Andi Yuliarmiangsyah Razmi.

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta SH menyampaikan apresiasinya kepada Tim Penilai Nasional dan Dinas PMD Sumbar yang telah menghantarkan Desa Kubang Tangah menjadi wakil dari Sumbar dan siap untuk merebut prestasi terbaik di tingkat nasional.

“Pemko Sawahlunto selalu memberi perhatian kepada program yang berpihak kepada desa dan kelurahan, karena Pemko menyadari bahwa desa dan kelurahan merupakan ujung tombak pemerintahan, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Salah satu terjemahan dari visi misi Pemko  Sawahlunto adalah tetap berkomitmen dalam mendukung berbagai program  desa dan kelurahan,” ungkap Wali Kota Sawahlunto Deri Asta.

Menurut Deri Asta, tujuan berlomba adalah untuk meraih kemenangan. Namun di luar itu, ada poin lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu bagaimana pemerintah pusat dapat ikut mengevaluasi Desa Kubang Tangah serta inovasi yang telah dilakukan untuk dapat pula menjadi inspirasi/referensi bagi desa dan kelurahan lain.

Kepala Dinas PMD Sumbar yang diwakili Kabid Pemerintahan Nagari Desrianto Boy, S.Pd.,M.Si  mengatakan bahwa prestasi yang diraih oleh Desa Kubang Tangah sangat membanggakan Sumbar, karena telah masuk dalam tiga besar regional Sumatera. Karena itu, penilaian oleh Tim Penilai Nasional ini merupakan langkah selanjutnya untuk meraih juara regional dan nasional nantinya.

“Keberhasilan Desa Kubang Tangah merupakan kerja keras pemerintahan desa bersama semua perangkatnya, Pemko Sawahlunto dan juga pembinaan dari Dinas PMD Sumbar. “Wakil Sumbar selama ini selalu berprestasi di pentas nasional, mudah-mudahan dengan klarifikasi lapangan di Desa Kubang Tangah ini kita dapat meraih nilai tertinggi dan dapat meraih juara regional dan nasional,” kata Desrianto Boy.

Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan Berprestasi ini dilaksanakan adalah untuk mengetahui efektivitas Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan, Tingkat Kemajuan, Kemandirian, Keberlanjutan Pembangunan, Kesejahteraan Masyarakat serta Daya Saing Desa dan Kelurahan. Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. 

Berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh Desa Kubang Tangah, antara lain membayarkan pajak (PBB) warga dari lahan-lahan pertanian dan perkebunan kelompok warga, dengan tujuan memberi motivasi kepada warga untuk menggarap lahan  secara maksimal.

“Untuk prestasi bagi Desa Kubang Tangah yang telah dicapai, yaitu juara I Lomba Adikarya Pangan Nusantara Tingkat Kota Sawahlunto. Sementara untuk status desa, dari ukuran Indeks Desa Membangun (IDM),  berkembang dengan hasil evaluasi cepat berkembang,” ungkap Kades Kubang Tangah Rice menjelaskan.

Sementara itu, partisipasi dari unsur terkait dan masyakarat di Desa Kubang Tangah dinilai cukup tinggi. Sehingga, berbagai  program inovasi Pemerintah Desa dapat diterima dan berjalan cukup baik. Semua gerakan dan inovasi yang berhasil dilaksanakan Pemerintah Desa Kubang Tangah, berkat dukungan dari berbagai unsur terkait. Seperti BPD, LPM, KAN, Babinkamtibmas dan Babinsa serta organisasi pemuda/masyarakat. Kata kunci yang paling penting dan utama adalah partisipasi dari masyarakat desa. (GK)