DISPORA GELAR RAKERNIS, DENGAN KABUPATEN/ KOTA SE- SUMATERA BARAT

Berita Utama () 04 April 2014 02:18:58 WIB


kadissek

 BUKITTINGGI,…Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) yang dibidani Sekretariat Sub Bagian Program , gelar Rapat Kerja Teknis ( Rakernis ) dengan Kabupaten / Kota se- sumatera Barat, 1 sampai 3 April di Hotel Pusako Bukittinggi, dengan mengangkat tema “ Bersama Meningkatkan Prestasi Olahraga dan kualitas Sumber Daya Pemuda Berbasis Kepanduan, Kepemimpinan, Kewirausahaan, Kepeloporan Menuju Prestasi yang Kompetitif dan Profesional ”.

Rapat dibuka Gubernur diwakili Kadispora H. Priadi Syukur, SH, didampingi ketua pelaksana Sekretaris Adib Alfikri, SE, M, Si dan Kepala Sub Bagian Program Dispora Sumbar, Dewita Murni, ST, M.Pd.

 

 Dalam sambutannya Kadispora, Priadi Syukur mengatakan, dewasa ini permasalahan kepemudaan begitu kompleks, terutama ditingkat pelajar, mahasiswa, organisasi kepemudaan serta ditengah masyarakat mulai dari daerah sampai nasional. Menjawab persoalan itu pemerintah telah menerbitkan UU 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan yang mengatur ruang lingkup pembangunan kepemudaan terutama fungsi, karakteristik, arah dan strategi pelayanan, agar pemuda tersebut dapat berperan aktif sebagai kekuatan moral, control social dan agen perobahan disegala aspek, dan yang terpenting pemuda itu bukan saja sebagai agen perobahan tetapi juga harus bisa sebagai pemimpin perobahan ( Leader of Change ) itu sendiri.

IMG 5691

Lebih lanjut Priadi Syukur menyatakan, pembangunan kepemudaan juga telah diatur dengan UU No 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, yang selama ini telah menampakan kiprahnya dalam pembentukan kepribadian pengendalian diri dan kecakapan untuk menghadapi tantangan masa depan. Sebagai bentuk kiprah tersebut hendaknya pemuda dapat melihat momen, mengingat pemilihan wakil rakyat akan dilaksanakan waktu dekat ini, diharapkan pemuda disamping mencalonkan sebagai Legislatif hendaknya juga aktif menggerakan para pemuda sebagai pemilih pemula untuk menggunkan hak pilihnya pada pemilu 9 April 2014 mendatang.

Selain itu Priadi Syukur juga mengingatkan, untuk keolahragaan pemerintah juga telah mengatur dalam UU RI No.3 Tahun 2005 pasal 4, dimana menindak lanjuti UU tersebut pemerintah telah mendorong, agar terlaksananya pendidikan keolahragaan mulai dari usia dini sampai ketingkat Perguruan Tinggi, serta menyediakan sarana dan prasarana keolahragaan yang memadai dan merata serta meningkatkan pendanaan keolahragaan dengan tujuan utama adalah menjadi tuan rumah PON XXI Tahun 2024 nanti .

“ menjadi tuan rumah PON adalah impian dan bukan wacana pemerintah saja, tetapi semua hal yang menyangkut syarat- syarat tuan rumah telah kita jalankan di Tahun 2014 ini, seperti pembebasan tanah untuk stadion utama di Kabupaten Padang Pariaman sekitar 30 hektar telah ada titik terangnya,’’ kata Priadi Syukur.

Panitia Pelaksana Adib Alfikri menerangkan, Tujuan digelarnya kegiatan ini, untuk mendapatkan informasi serta membangun kebersamaan dan menyamakan persepsi dalam rangka menyusun langkah- langkah kebijakan guna menyelesaikan permasalahan pemuda dan olahraga di Provinsi Sumatera Barat.

Adib Alfikri juga menuturkan, peserta berjumlah 68 orang yang terdiri dari Pemerintah Kabupaten/ Kota yang mengelola program Kepemudaan dan Keolahragaan, KNPI, KONI, Kwarda, Pejabat Struktural dan staf potensial dilingkungan Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumatera Barat.

bersama 

Dikatakan juga, untuk narasumber terdiri dari, Gubernur Sumatera Barat, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat, Biro Perencanaan dan Organisasi Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat, Pakar Kepemudaan dan Keolahragaan, Bappeda Provinsi Sumatera Barat serta DPKD Provinsi Sumatera Barat.

“ Kita berharap dari kegiatan ini akan diperoleh informasi, penjelasan serta terwujudnya inventarisasi, perhatian dan terciptanya semangat kebersamaan dari semua pihak terhadap permasalahan pemuda dan olahraga, untuk dapat menjadi bahan bagi pemerintah Sumatera Barat dan Kabupaten/ Kota,’’ urai Adib Alfikri.