Rakor TMMD ke-115 Tahun 2022, TMMD Digelar di Padang Pariaman dan Pessel

Rakor TMMD ke-115 Tahun 2022, TMMD Digelar di Padang Pariaman dan Pessel

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 28 September 2022 18:09:07 WIB


Padang, September

Sekda Provinsi yang diwakili oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar Amasrul, SH memimpin Rapat Kordinasi pelaksanaan TMMD ke-115 Tahun 2022, yang dilaksanakan di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Jalan Sudirman Padang, Senin (26/9/2022).

Dalam rapat ini dihadiri Danrem 032 Wirabraja yang diwakili Kasiter Korem 032 Wirabraja Kolonel (Kav) Nanang Siswoko, Bupati Padang Pariaman yang diwakili Dinas PMD, Bupati Pesisir Selatan yang diwakili Dinas PMD, Kepala OPD Pemrov, Kepala BUMN/BUMD, Baznas, Dandim 0308/Pariaman, Dandim 0311/Pesisir Selatan dan undangan lainnya.

Menurut Sekdaprov yang diwakili Amasrul, SH., Rakor TMMD kali ini merupakan persiapan untuk pelaksanaan TMMD/N (TNI Manunggal Masuk Desa/Nagari) ke-115 tahun 2022, yang akan dilaksanakan di Nagari Anduring, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman dan di Nagari Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Pelaksanaan TMMD ke-115 ini akan dimulai secara serentak tanggal 11 Oktober 2022, dimana satu bulan sebelumnya telah dilakukan Pra TMMD di kedua nagari.

Sasaran pokok dan kegiatan TMMD ini, kata Amasrul, adalah membuka akses keterisoliran satu jorong atau nagari, yang memiliki potensi. Karena itu, dengan dibukanya akses akan mendorong peningkatan ekonomi di kawasan tersebut dan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Hasil dari TMMD sangat besar manfaatnya untuk infrastruktur, sarana dan prasarana dasar di nagari," kata Amasrul, SH lagi.

Forum Rakor TMMD ke-115 ini adalah merupakan "tradisi" Pemprov Sumbar dengan leading sektor Dinas PMD, untuk bergotong royong membantu pelaksanaan TMMD. Dalam Rakor, setiap OPD Pemprov menyampaikan rencana bantuan, apakah berbentuk materi maupun berbentuk program kegiatan OPD yang dilaksanakan di lokasi pada saat TMMD. Begitu juga Baznas, BUMD dan BUMN yang ada, membantu dengan dukungan materi.

"Sekarang sedang didata bentuk dan jumlah bantuan dari OPD dan stakeholder lainnya. Kita akan terus himpun bantuan ini, sehingga pelaksanaan TMMD dikedua daerah ini dapat berjalan sukses," kata Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH., yang didampingi oleh Kabid SDA dan TTG Vera Irawati, ST.M.Si.

Danrem 032/Wirabraja yang diwakili Kasiter Kolonel (Kav) Nanang Siswoko mengatakan, bahwa pelaksanaan TMMD di Sumatera Barat ini sangat berbeda dari daerah lain, karena kuatnya semangat gotong royong, mulai sejak perencanaan seperti Rakor TMMD ini, sampai dengan pelaksanaannya nanti dengan masyarakat di nagari.

Mabes TNI melalui Tim Wasev, kata Nanang Siswoko, memberikan apresiasi waktu pelaksanaan TMMD ke-114 di Kabupaten Tanah Datar. Kata Tim Wasev bahwa Sumbar melaksanakan kebersamaan dukungan dengan "badoncek" merupakan hal yang luar biasa dan patut dipuji.

"Tim Wasev mengatakan bahwa 'badoncek' ini merupakan supporting yang luar biasa dari seluruh komponen, seperti OPD, swasta dan masyarakat mewujudkan sinergi membangun negeri. Kalau dalam istilah Jawa ini adalah 'klencengan' dalam membantu," kata Kolonel Kav Nanang Siswoko.

Diharapkan oleh Kasiter Korem 032/Wirabraja Kolonel Kav Nanang Siswoko dan Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH., komitmen bantuan lewat "badoncek" yang telah disampaikan dalam Rakor ini dapat cepat terkumpul dan dapat dimanfaatkan oleh Satgas TMMD di kedua daerah, yaitu Padang Pariaman dan Pesisir Selatan. (GK)