Budaya Maulid Nabi di Padang Pariaman

Berita Utama Sub Bag. Sarana dan Prasarana(Sub Bag. Sarana dan Prasarana) 11 Februari 2014 01:51:47 WIB


Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim menghadiri undangan acara Maulid Nabi masyarakat Surau Aur Padang Bintungan Kecamatan Nan Sabaris, Senin sore (10/2). Hadir juga dalam acara tersebut Kepala Biro Bina Sosial yang diwakili Kabag Pendidikan Drs. Amrison,MM dan beberapa pejabat Pemkab Padang Pariaman.

Dalam kesempatan tersebut Wagub Muslim Kasim menyampaikan, acara Maulid Nabi di Padang Pariaman ini menandakan rasa syukur masyarakat terhadap nikmat dan rahmad yang telah diberikan Allah SWT serta doa kepada yang ditujuan kepada baginda Rasulluh Muhammad SAW. Ini merupakan budaya yang patut kita apresiasi sebagai sentuhan masyarakat dalam menumbuhkan semangat bersamaan dalam membangun kampung halaman terutama pembangunan masjid.
 
Budaya makan bajamba bersama masyarakat di masjid merupakan sebuah kebersamaan yang sangat baik, saling berbagi dan beriya-iya membangun masjid. Budaya Badoncek yang juga merupakan nilai-nilai kebersaman dalam berbagai hal ini merupakan perhatian masyarakat dalam memajukan kampung halamannya, tidak selalu mengharapkan bantuan pemerintah, ungkapnya.
 
Muslim Kasim juga menyampaikan, budaya kearifan lokal seperti acara Maulid Nabi di Padang Pariaman dapat menghimpun dana pembangunan ada yang sampai 150 juta bahkan lebih. Tentunya ini perlu kita apresiasi sebagai suatu partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam memajukan pembangunan di Sumatera Barat.
 
Masyarakat dapat mengatur hidup dan kehidupan secara damai, rukun dan saling berbagai satu sama lain, ini juga sebuah contoh kemandirian masyarakat dalam membangun harga diri dan martabat kampung halaman dan nagari, harapnya Saat diumumkan kegiatan Acara Maulid Nabi di Surau Aur Padang Bintungan sudah terkumpul dana sebesar Rp. 45 juta rupiah.
(Humas Sumbar)