Juara TTG Unggulan, Inovasi TTG dan Posyantek Berprestasi Sumbar Bersaing di Nasional

Juara TTG Unggulan, Inovasi TTG dan Posyantek Berprestasi Sumbar Bersaing di Nasional

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 24 September 2022 17:05:26 WIB


Padang, September

Duta Sumatera Barat dalam bidang Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Berprestasi, kini sedang bersaing di tingkat nasional, dan telah selesai mengikuti persentasi dan seleksi secara daring sejak 20 September 2022 lalu.

"Kita sedang menunggu hasil di tingkat nasional hasil seleksi daring yang dilakukan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Kita berharap dapat menjadi pemuncak di tingkat nasional," kata Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Amasrul, SH. kepada media, Jum'at (23/9/2022).

Berdasarkan SK Gubernur Sumbar tanggal 12 Juli 2022 ditetapkan juara TTG Unggulan yaitu juara 1 Alat Cetak Kerupuk Jengkol dan Emping Melinjo (Ancak Jeng Meli) dari Kota Pariaman, juara 2 Alat Pembuka dan Pengiris Pinang dari Kabupaten Solok, dan juara 3 Pupuk Organik Kohe Sapi dari Kabupaten Pesisir Selatan.

Untuk Lomba Inovasi TTG, juara 1 Mesin Pengolahan Sampah Plastik dari Kabupaten Limapuluh Kota, juara 2 Satrovid 19 Berbasis Tenaga Surya dari Kota Payakumbuh, dan juara 3 Alat Pengering Simplisia dari Kota Bukittinggi.

Lomba Posyantek Berprestasi tahun 2022, juara 1 Posyantek Raflesia Jaya Bersama Nagari Koto Rantang Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam, juara 2 Posyantek Maruna Kecamatan Padang Panjang Timur, dan juara 3 Posyantek Limo Kaum Nagari Limo Kaum, Kabupaten Tanah Datar.

Seluruh juara 1 dari Lomba TTG Unggulan, Lomba Inovasi TTG dan Posyantek Berprestasi, telah dilakukan penilaian daring oleh Badan Pengembangan dan Informasi Desa Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Saat ini hasil penilaian daring ini menunggu pengumuman juara nasional.

Ikut mendampingi penilaian daring ini Tim dari Dinas PMD Sumbar. Khusus untuk penilaian di Pondopo Limapuluh Kota langsung dihadiri Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH., dan Kabid SDA dan TTG Vera Irawati, ST.MM. Untuk pendampingan di Kota Pariaman hadir JFT M. Nazief. Sedangkan pendampingan di Kabupaten Agam dihadiri Kabid SDA dan TTG Vera Irawati, ST.MM.

Menurut Vera Irawati, ST.MM., seluruh Juara I utusan Provinsi Sumatera Barat telah lolos seleksi administrasi  tingkat nasional dan telah dilanjutkan penilaian presentasi dihadapan juri secara daring sejak 19-23 September 2022.

"Ketiga utusan Sumbar lolos seleksi administrasi. Tahun lalu utusan Sumbar hanya satu yang masuk, tahun sekarang ketiganya masuk 10 besar," ujar Kabid Vera Irawati. 

Kedepannya para pemenang Lomba TTG Unggulan, Lomba Inovasi TTG dan Posyantek Berprestasi ini didorong untuk segera mengurus Hak Paten dari teknologi yang dimiliki kepada Kementerian Hukum dan HAM, sehingga dapat melindungi secara hukum. (GK)