Tingkatkan Pengetahuan Pembudidaya Ikan DKP Gelar Temu Teknis HPI

Tingkatkan Pengetahuan Pembudidaya Ikan DKP Gelar Temu Teknis HPI

Berita OPD Eri Jusnita, ST.(DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN) 13 Juli 2022 15:41:59 WIB


Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sumbar selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan kinerja untuk kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan mengadakan Temu Teknis Pengendalian Hama Penyakit Ikan (HPI). Temu teknis HPI ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan Pembudidaya Ikan dan Penyuluh Perikanan tentang tata cara pengendalian serangan hama dan penyakit ikan lainnya.

 

Untuk tahun 2022 ini temu teknis dilaksanakan di 2 (dua) lokasi, yaitu Kab. Pasaman Barat pada tanggal 7 Juli 2022 dan Kab. Agam pada tanggal 13 Juli 2022 dengan narasumber dari Dinas Provinsi dan Kabupaten serta dari Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Padang.

 

"Hama dan Penyakit ikan sering dialami oleh pembudidaya ikan, namun tidak tahu apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Melalui temu teknis ini kita berharap para pembudidaya ikan dan penyuluh perikanan dapat meningkatkan pengetahuannya bagaimana cara pengendalian terhadap hama dan penyakit ikan, tata cara budidaya ikan yang sehat dan faktor penting untuk mendapatkan produk perikanan budidaya yang aman dikonsumsi" ujar Ir. Noviyanti, MM dalam sambutannya saat mewakili Kadis KP Sumbar Dr. Ir. Desniarti, MM. Rabu 13/07/2022.

 

Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mengendalikan serangan dan penyebaran hama dan penyakit ikan antara lain melalui kegiatan vaksinasi ikan, monitoring penyakit ikan, penyusunan sebaran peta penyakit ikan, penyusunan pedoman vaksinasi dan harmonisasi peraturan perundang-undangan tentang penyakit ikan.

 

Namun hal yang paling penting adalah masyarakat pembudidaya ikan dan penyuluh perikanan memahami berbagai macam hama dan penyakit ikan, faktor penyebab dan cara pencegahan serta bagaimana mengatasinya apabila ikan yang dibudidaya telah terjangkit hama dan enyakit ikan.