Kadis DKP Dampingi Gubernur Sumbar Restocking 15.000 Benih Ikan di Danau Singkarak

Kadis DKP Dampingi Gubernur Sumbar Restocking 15.000 Benih Ikan di Danau Singkarak

Berita OPD Eri Jusnita, ST.(DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN) 22 April 2022 17:31:46 WIB


Dalam upaya peningkatan stock ikan dan pelestarian sumberdaya ikan di Perairan Danau Singkarak, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat (Dr. Ir. Desniarti, MM) mendampingi Gubernur Sumatera Barat (Mahyeldi) melakukan penebaran Ikan di Danau Singkarak (Jum’at, 22/04/2022).

Adapun ikan yang ditebar sebanyak 15.000 ekor terdiri dari ikan Nilem (Osteochilushasselti) 7.500 ekor dan Tawes (Barbonymusgonionotus) sebanyak  7.500 ekor di dua lokasi Pokmaswas, yaitu Pokmaswas Tangaya  yang berlokasi di Nagari Saniang Baka Kecamatan X Koto Singkarak dan Pokmaswas Pondok Pesantren Tarbiyah di Nagari Paninggahan Kecamatan Junjung Sirih.

“Dengan adanya restocking ikan ini masyarakat hendaknya  tidak lagi menggunakan Bahan Penangkap Ikan (BPI) terlarang yang dapat merusak pelestarian sumberdaya ikan di Perairan Danau Singkarak seperti bahan kimia (Potassium sianida, lannate) dan sejenisnya, bahan peledak dan setrum” harap Kadis DKP Sumbar.

Danau Singkarak merupakan salah satu Danau prioritas Nasional. Restocking ini merupakan salah satu upaya agar dapat mengendalikan, menjaga, memulihkan dan mengembalikan kondisi danau sehingga bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

“Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam menjaga kelestarian ikan Danau Singkarak beserta ekosistemnya, salah satu cara adalah dengan membentuk Pokmaswas yang selalu mempertimbangkan kearifan lokal lingkungan masyarakat sekitar perairan Danau Singkarak dalam penegakan hukum terhadap pelanggaran yang dilakukan masyarakat” tutup Kadis DKP Sumbar.