DKP Sumbar Lakukan Tes Formalin di Lokasi Guna Menjamin Mutu Ikan

DKP Sumbar Lakukan Tes Formalin di Lokasi Guna Menjamin Mutu Ikan

Berita OPD Eri Jusnita, ST.(DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN) 21 April 2022 15:43:12 WIB


 

Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sumatera Barat  melalui UPTD Pengujian dan Penerapan Mutu Hasil Perikanan (PPMHP) kembali melakukan Pengujian Formalin di lokasi terhadap ikan-ikan yang akan didistribusikan dari Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI)  Air Bangis, Kab. Pasaman Barat untuk mengetahui mutu dan pemakaian formalin (Kamis, 21/04/2022).

 

“Sampel yang kami ambil ada beberapa jenis ikan seperti Pisang-pisang, Kembung, Gurigak, Tui, Pandan-pandan dan Kaliang-kaliang untuk  lansung diuji di lokasi serta disaksikan petugas PPI, hasil uji akan dijadikan bahan pembinaan selanjutnya” Ungkap Indra Arief Nasution,S.Pi. M.Si selaku Kepala UPTD PPMHP.

 

Ikan yang ada umumnya berasal dari perairan Air Bangis, tetapi apabila bulan terang banyak ikan yang dilabuhkan berasal dari Sibolga, Sumatera Utara dan ini rentan menggunakan formalin.

 

“Jaminan mutu dan keamanan pangan terutama produk perikanan harus selalu diawasi dan diuji secara berkala agar masyarakat aman mengkonsumsi ikan. Serta peningkatan produksi ikan haruslah selalu dibarengi dengan peningkatan mutu” tutup Indra.