Keistimewaan Hari Jum'at Jadi Topik Wirid Mingguan di Dinas PMD Sumbar

Keistimewaan Hari Jum'at Jadi Topik Wirid Mingguan di Dinas PMD Sumbar

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 25 Maret 2022 18:36:02 WIB


Padang, Maret

Hari Jum'at adalah penghulu segala hari, makanya Jum'at menjadi istimewa. Artinya Jum'at adalah hari terbaik dan waktu bagi umat Islam menimba amalan yang berlipat ganda sepanjang hari Jum'at.

Demikian pokok-pokok tausyiah Ustadz Dr. M. Fauzi, M.Pd. ketika Wirid Mingguan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar, Jalan Pramuka, Padang, Jum'at (25/3/2022).

Menurut Ustadz Fauzi, paling tidak ada enam keutamaan hari Jum'at, antara lain adalah pada hari Jum'at Nabi Adam diciptakan, hari dimana dosa-dosa diampuni, pahala pada hari Jum'at dilipatgandakan, hari Jum'at adalah waktu yang mustajab untuk berdoa, hari yang suci bagi umat muslim, dan hari dimana manusia terjaga dari fitnah kubur.

Karena keutamaan hari Jum'at itu, kata Dr. M. Fauzi, M.Pd. maka perbanyaklah melakukan amalan pada hari Jum'at. Amalan yang disarankan tentu yang sering dilakukan Nabi Muhammad SAW. Beberapa amalan yang dianjurkan adalah membaca salawat, bersedekah, mandi dan membersihkan lingkungan.

Karena sudah dekat bulan suci Ramadhan, maka Ustadz Fauzi mengharapkan kepada peserta Wirid Mingguan di Dinas PMD untuk mempersiapkan diri menjalankan amalan di bulan penuh berkah itu, karena bulan Ramadhan adalah bulan dimana seluruh syetan dibelenggu dan pahala amalan berlipat ganda.

Wirid Mingguan ini dihadiri oleh pejabat struktural di lingkungan Dinas PMD Sumbar, antara lain Kabid Pemnag Desrianto Boy, S.Pd.M.Si., Kabid SDA dan TTG Vera Irawati, ST.MM., PLh. Sekretaris Adi Pondra, S.Pd., PLh. Kabid UEM dan KP Martias Richardo, ST., Plt. Kabid Kelembagaan Masyarakat dan Adat Chintia Dewi, S.Ikom.M.Ikom. dan  pejabat Fungsional penggerak swadaya masyarkat Ahli muda serta JFU, karyawan dan karyawati Dinas PMD Prov. Sumbar

Menurut Kepala Dinas PMD Sumbar Amasrul, SH kepada media mengatakan, Wirid Mingguan dilaksanakan secara rutin di PMD setiap hari Jum'at, kecuali pada minggu pertama dimana wirid dilaksanakan terpusat oleh Pemprov di Mesjid Raya Sumbar. (GK)