RANGKAIAN KEGIATAN MMDirex 2014 di PADANG SUMATRA BARAT

Berita Utama () 21 Maret 2014 02:27:48 WIB


Gelar personel dan peralatan yang dilaksanakan di Lanud Tabing pada tanggal 20 Maret 2014 dengan Inspektur Upacara Menteri Koordinator Bidang Kesejahtraan Rakyat merupakan rangkaian kegiatan MMDirex 2014 yang telah memasuki hari ke 4 sejak Opening Ceremony pada tanggal 17 Maret 2014.

Geladi Posko (Command Post Exercise) yang terdiri dari pelaku, observer, AAR, tim pengawas dan pengendalian dari BNPB dan lintas KL serta peserta dari 18 negara yang hadir pada MM Direx 2014. Pada hari kedua ini berlangsung pula peresmian UPT – BNPB Regional Sumatra – Indarung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Pusat Logistik dan Pelatihan Kebencanaan (UPT – BNPB) yang dibangun atas dukungan Pemerintah Australia melalui AIFDR dengan fasilitas yang terdiri dari training facilities, ware housing, dan Pusdalop PB Sumatra Barat ini sebagai unit untuk memperkuat kapasitas personel dan peralatan Penanggulangan Bencana untuk wilayah Sumatra.

Dlam rangka membangun pendalaman pondasi penanggulangan bencana, kepala BNPB menyempatkan diri memberikan kuliah umum di Universitas Andalas pada tanggal 19 Maret 2014. Acara kuliah umum didahului dengan pembukaan lomba kreativitas anak dalam kebencanaan. Lomba menggambar dan membuat poster diikuti oleh 800 siswa dari tingkat SD dan SMP di Wilayah Kota Padang. Kegiatan lomba didukung oleh BNPB, Komite Siaga Bencana Univ. Andalas, UN-OCHA dan Planas PRB. Pengumuman dan Pemenang dan Hasil Karya terbaik akan ditampilkan pada Pameran Kebencanaan BNPB di GOR. H. Agus Salim.

Geladi Lapangan (Field Training Exercise) secara resmi dibuka pada tanggal 20 Maret 2014 oleh Menko Kesra Agung Laksono dan akan berlangsung hingga Tanggal 21 Maret. Gelar Personel dan Peralatan ini bersamaan dengan pembukaan pameran kebencanaan di GOR. H. Agus Salim oleh BNPB. Acara pameran dimeriahkan juga oleh lomba randai, standup comedy serta diskusi ilmiah pada initestage mulai pukul 15.00 hingga 21.00 setiap harinya dan akan berakhir pada tanggal 22 Maret 2014 yang merupakan akhir dari seluruh rangkaian acara MMDirex 2014.

Demo gabungan pada FTX dan evakuasi mandiri dengan pelibatan 2000 lebih personel TNI, Polri, Badan SAR, PMI, BPBD, Tagana, Relawan dan Masyarakat pada tanggal 21 Maret yang berlangsung di titik lokasi latihan Pantai Purus dan Kantor Gubernur Sumatra Barat, dihadiri oleh Wapres Boediono. Penggerakan personel, peralatan dan sarana penyelamatan akan tersaji pada kegiatan ini. Kesiapan ALUSISTA dan peralatan yang digunakan diantaranya kendaraan rescue dan kebencanaan, 2 pesawat Hercules 1 CN 295, ! Cassa, 6 Helikopter (TNI AU, AD, Polri dan Sarnas) dan KRI Suharso.

Partisipasi dunia usaha dan masyarakat serta lembaga lain terlibat nyata pada kegiatan ini. Telkomsel memberikan bantuan koneksi internet 3G di Kota Padang dan Mentawai yang merupakan Radio Link terpanjang se- Asia Tenggara. Kegiatan bakti social diantaranya pengobatan massal, penyuluhan kesehatan deteksi penyakit menular factor resiko, sosialisasi kesehatan jiwa pasca bencana, senam sehat massal, donor darah dan sosialisasi kebencanaan secara marathon sejak 17 – 18 Maret 2014 kepada 1500 orang yang tersebar di 4 kecamatan Kota Padang oleh Humanitarian Civic Action(HCA).

Sebagai modal peningkatan kapasitas daerah Sumatra Barat untuk kesiapsiagaan menghadapi potensi gempa dan tsunami. BNPB juga memperkuat sarana berbagi informasi dan komunikasi berupa Commob, Radio Coddan. VC – BGAN serta Knocdown Container Modular Office untuk peningkatan kapasitas PB di Kab. Mentawai dan Kota Padang. BNPB/Rudi/Dantes