Wujudkan Satu Data Indonesia, Wagub Audy Imbau Semua Pihak Berkolaborasi

Wujudkan Satu Data Indonesia, Wagub Audy Imbau Semua Pihak Berkolaborasi

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 16 November 2021 18:26:16 WIB


Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menyampaikan bahwa untuk mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI), sesuai dengan Perpres Nomor 39 Tahun 2019, dimana tugas dan peran dari Produsen Data, Walidata, Pembina Data telah dijelaskan secara tegas, diperlukan peran optimal dan komitmen yang kuat untuk  bersinergi dan kolaborasi dari semua pihak.

Hal ini satu satu poin penting yang disampaikan oleh Wagub Audy dalam Focus Group Discussion (FGD) Daerah Dalam Angka dan Rekomendasi Statistik, di Truntum Inna Muara, Selasa (16/11/2021).

"Salah satu contoh penyediaan data yang akurat adalah Daerah Dalam Angka (DDA) yang merupakan pulikasi yang memuat data statistik mulai dari pengumpulan, pemeriksaan, Pengolahan dan diseminasi datanya, untuk itu diperlukan peran yang aktif dari Instansi Pemerintah maupun Lembaga swasta," jelas Wagub Audy.

Pada kesempatan yang sama Kepala Diskominfotik selaku Narasumber mengatakan bahwa dalam mewujudkan Satu Data Indonesia diperlukan data yang akurat. Proses berbangsa dan bernegara itu butuh pembangunan dan salah satu dasar pembanguan adalah data.

"Kita di Pemprov Sumbar merujuk kepada Perpres tersebut, Bagaimana kita bisa mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI), sehingga tidak ada lagi persoalan-persoalan data dalam melakukan aktivitas pemerintahan,"  makanya kita dari Tahun 2019 telah membuat program Nagari Statistik, jadi data kita itu berbasis nagari," ujar Jasman menjelaskan.

Selain itu Jasman menambahkan, dalam mewujudkan Satu Data Indonesia diperlukan kolaborasi dari semua pihak, baik Pemerintah, Instansi vertikal dan TNI/POLRI.

"Kita berharap kedepan Provinsi Sumbar menjadi Provinsi Statistik, dan semua Itu tidak terlepas dari dukungan dari kita semua dan instansi vertikal, karena tanpa dukungan dari kita semua itu tidak akan terwujud," tutup Jasman. (RYH/MMC Diskominfotik)


Diskominfotik Sumbar