Dihadiri Jajaran Pemko Dumai, Gubernur Mahyeldi Isi Kajian Subuh Madani di Perumahan Panorama Dumai

Dihadiri Jajaran Pemko Dumai, Gubernur Mahyeldi Isi Kajian Subuh Madani di Perumahan Panorama Dumai

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 06 November 2021 13:47:20 WIB


Dalam kunjungan kerja ke Kota Dumai, Provinsi Riau, Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi juga melaksanakan roadshow dakwah. Diantaranya mengisi kajian Subuh Madani di Masjid Al Mukminin Perumahan Panorama Jaya Mukti Kota Dumai, Sabtu (6/11/2021). Turut hadir dalam kajian bertajuk "Tunjukilah Kami Jalan yg Lurus" itu, Walikota Dumai beserta jajaran OPD, Kabiro Kesra dan Sekretaris BPBD Pemprov Sumbar.

Doa meminta petunjuk jalan yang lurus menurut Buya Mahyeldi diminta 17 kali sehari semalam ketika melaksanakan sholat wajib 5 kali sehari. Doa tersebut adalah senjata orang mukmin dan kesempurnaan semua amalan adalah doa.

"Berdoalah kamu niscaya akan Aku kabulkan Kata Allah. Lalu kapan doa dikabulkan Allah ? Ketika dibarengi dengan ikhtiar yang sungguh-sungguh," ujar Buya.

Lebih lanjut disampaikan, jika merujuk Qur'an Surah an-Nisa [4]: 69, disebutkan ada 4 golongan yg ditunjuki jalan yg lurus. Mereka itu adalah para Nabi yang telah dipilih Allah untuk memperoleh bimbingan sekaligus ditugasi untuk menuntun manusia menuju kebenaran Ilahi. Kemudian Shiddiqin, yaitu orang-orang yang selalu benar dan jujur, tidak ternodai oleh kebatilan, tidak pula mengambil sikap yang bertentangan dengan kebenaran.

Golongan ketiga adalah para Syuhada, yaitu mereka yang bersaksi atas kebenaran dan kebajikan, melalui ucapan dan tindakan mereka, walau harus mengorbankan nyawa sekalipun. Terakhir para shalihin, yaitu orang-orang saleh yang tangguh dalam kebajikan dan selalu berusaha mewujudkannya.

"Jalan yang dimohon itu bukan jalan mereka yang dimurkai, yang mengetahui kebenaran tetapi tidak mengikuti dan mengamalkannya, bahkan menentangnya, seperti sebagian kelompok Yahudi. Dan, bukan pula jalan mereka yang sesat dari jalan kebenaran dan kebaikan," lanjut Buya.

Selain mengisi kajian subuh madani, dalam agenda roadshow dakwah di Kota Dumai, sehari sebelumnya Buya Mahyeldi juga mengisi kajian maghrib di Masjid Taqwa dan kajian Isya di Masjid Jami' Muhammadiyah Dumai.(*/doa/MMC)

Diskominfotik Sumbar