Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Resmikan Pojok Baca di Perpustakaan Sumbar

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Resmikan Pojok Baca di Perpustakaan Sumbar

Berita Utama ROMI ZULFI YANDRA, S.Kom(Dinas Kearsipan dan Perpustakaan) 09 Agustus 2017 22:11:57 WIB


Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara meresmikan BI Corner (Pojok Baca) di Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Senin (7/8). BI Corner tersebut merupakan yang kelima setelah sebelumnya di kampus Universitas Andalas, UNP, Universitas Dharma Indonesia dan IAIN Batusangkar.

Menurut Mirza, Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat dipilih melalui serangkaian asesmen dan pemenuhan kriteria yang telah ditetapkan. Antara lain, perpustakaan tersebut dikelola dengan sangat baik oleh Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat.

“Kemudian, memiliki luas ruangan minimal 12 m2 untuk pembuatan BI Corner, memiliki sarana fasilitas yang memadai termasuk wifi, pendingin ruangan, sistem otomasi peminjaman dan fasilitas audio visual,” katanya.

Pihak pengelola juga bersedia merawat segala fasilitas yang diberikan oleh Bank Indonesia dan yang terpenting adalah banyaknya pengunjung aktif perpustakaan yang mengindikasikan bahwa perpustakaan tersebut memang dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Bank Indonesia memberikan sebanyak 1.281 buku untuk BI Corner di Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Dengan rincian 250 buku ekonomi, publikasi rutin Bank Indonesia dan 1.031 dalam bentuk buku, publikasi, maupun jurnal ekonomi digital.

“Melalui desain dan fasilitas ruangan BI Corner yang nyaman seperti fasilitas komputer, TV dan sofa serta kelengkapan buku-buku ekonomi yang ditawarkan mulai dari berbentuk hardcopy sampai dengan buku digital diharapkan dapat semakin menarik awareness masyarakat untuk berkunjung ke BI Corner, terutama di Perpustakaan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat,” tandasnya.

Bank Indonesia membangun sebanyak 138 unit BI Corner di seluruh Indonesia, termasuk 39 unit di Pulau Sumatera pada tahun 2017 dengan alokasi dana sebesar Rp12,6 miliar. Pojok Baca tersebut ditujukan untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat luas mengenai program kerja Bank Indonesia, disamping untu tujuan mencerdaskan bangsa