Ummi Harneli Tekankan Pentingnya Pendidikan Anak Berkarakter Melalui PAUD HI

Ummi Harneli Tekankan Pentingnya Pendidikan Anak Berkarakter Melalui PAUD HI

Berita Utama Algamar Arif Safitra, S.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 02 Oktober 2021 15:29:36 WIB


Dalam mendukung Perpres Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI), Pemerintah Pronvinsi Sumbar terus berupaya melakukan langkah-langkah komprehensif dalam mendukung program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif, salah satunya dengan memberikan pendidikan berkarakter kepada anak sejak dini.

Ummi Harneli selaku Bunda Paud Provinsi Sumbar dalam Rapat Koordinasi Pokja Paud Tingkat Provinsi, di Auditorium Gubernuran Sumbar, Sabtu (02/10/2021), mengatakan bahwa dalam membentuk generasi emas salah satunya dengan memberikan pendidikan yang baik dan berkarakter kepada anak sejak usia dini. Selain itu Hal-hal yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan yang baik pada anak usia dini antara lain tercukupinya gizi, peran orang tua dan tenaga pendidik dan semua pihak terkait.

"Memang tidak mudah mendidik anak dalam situasi serba digital seperti sekarang, dibutuhkan peran dari orang tua, tenaga pendidik, pengelola PAUD, pemerintah dan seluruh kita berperan aktif, dalam bagaimana terwujudnya pengembangan anak usia dini holistik integratif, bukan hanya memberikan pendidikan, tetapi bagaimana kesehatannya, gizinya, perlindungan dan pengawasan semua itu menjadi perhatian terhadap anak kita," kata Ummi.

Selain itu Ummi menambahkan bahwa keberhasilan dalam membentuk karakter yang baik kepada anak tidak terlepas dari peran aktif dari orang tua dan tenaga pendidik.

"Perhatian dan peran orang tua sangatlah penting, jangan sampai anak kita sibuk dengan gadget yang dapat merusak akhlak dan mental anak-anak kita, untuk itu peran orang tua dan kita bersama, tenaga pendidik dan kependidikan, bagaimana memberikan contoh dan perhatian yang lebih kepada anak kita. Selain itu dalam mengupayakan keberhasilan program PAUD-HI, kita mengingikan tenaga pendidik kita haruslah orang berpengalaman, haruslah sarjana paud, kalau bisa lebih dari itu, di Provinsi Sumbar masih banyak tenaga paud yang tamat SMP, tamat SMA, apa yang bisa mereka berikan kepada anak-anak kita, akan tetapi Pemerintah Provinsi telah memberikan mereka pelatihan berjenjang, mudah-mudahan itu menjadi dasar bagaimana kita mencerdaskan anak bangsa kedepannya, tambah Ummi Harneli.

Ummi Harneli berharap dengan adanya Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI), kedepannya anak-anak kita bisa menjadi generasi emas, generasi yang berkarakter, cerdas dan berakhlak mulia. (RHY/MMC Diskominfotik)

 

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Sumbar